Pencegahan Kebocoran Tangki Air Ballast di SPOB. Toto XIV

  • Rachmat Tjhajanto Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Siti Zulaikah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Eva Susanti Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Fajrur Rahman Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penyebab dan penanggulangan kebocoran pada tangki ballast di atas kapal SPOB. TOTO XIV. Penelitian dilaksanakan selama 12 bulan 2 hari, terhitung sejak Januari 2022 hingga Januari 2023, dengan lokasi penelitian di atas kapal tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif, yaitu metode yang bertujuan untuk menjelaskan secara mendalam mengenai faktor-faktor penyebab kebocoran serta upaya pencegahan dan penanggulangannya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebocoran pada tangki ballast kapal disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu kurangnya pengetahuan dan pengalaman anak buah kapal (ABK) dalam melakukan perawatan kapal, serta terbatasnya dana operasional perusahaan yang berdampak pada ketidakteraturan jadwal docking. Ketidakteraturan tersebut menyebabkan terjadinya korosi pada pelat tangki yang akhirnya menimbulkan kebocoran.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya seleksi yang lebih ketat dalam perekrutan ABK, khususnya dalam hal kompetensi dan pengalaman terkait perawatan kapal. Selain itu, perusahaan pelayaran disarankan untuk memastikan pelaksanaan docking armada dilakukan secara teratur dan tepat waktu, guna mencegah kerusakan struktural yang dapat berakibat fatal terhadap keselamatan kapal.

Referensi

[1]. A.P. Helwig ” https://www.scribd.com/doc/148009399/Teori-Bangunan-Kapal.”
[2]. Biro Klasifikasi Indonesia, 2001. “Rules for the Classification of Sea Going Steel Ship, Volume Dua”.
[3]. Badan Diklat Perhubungan, (2000). Kebocoran Tangki Ballast, catakan pertama Jakarta
[4]. Daji, A. 2012 , Manajemen Perawatan Kapal, Direktorat Jendral Perhubungan Laut. Jakarta
[5]. D.H Moreby. (1990), Kebocoran Tangki Ballast, Pustaka. Jakarta
[6]. Eyres, D. J. (1998 : 149) Sistem Dasar Berganda. Sheridan House, Incorporated.
[7]. Gie Liang The (2003). Pembersihan Tangki Ballast. Panduan.Yogyakarta
[8]. H.G.M. Kok dan E.G. Van Lonkhuysen “bangunan kapal”
[9]. K Glass en J.W Schutte, Kecakapan pelaut untuk pelayaran besar jilid II (9.24). Educaboek. Jakarta
[10]. Pursey, H. J., 1987. ”Merchant Ship Contruction”. State Mutual Book &. Periodica Service, Limited. Nautical Publishers
[11]. Rozari William De.1995 “Bangunan Kapal“.Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayanan. Jakarta
[12]. Vincent Gasper Vincent. (1994 : 513) “Pengertian Perawatan’’. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Diterbitkan
2025-10-06
Bagian
Articles