Analisis Perawatan Sekoci di MV. SAKTI

  • Endang Lestari Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Subehana Rachman Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Muh. Syafril Sunusi Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Muhammad Rifani Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Sekoci, SOLAS 1974, Perawatan Kapal, Keselamatan Pelayaran, MV. Sakti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan perawatan sekoci di kapal MV. Sakti dan mengevaluasi kesesuaiannya dengan prosedur yang tercantum dalam International Convention for the Safety of Life at Sea (SOLAS) 1974. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif, yang diperoleh melalui observasi langsung, studi pustaka, dan wawancara dengan awak kapal. Penelitian ini dilakukan selama praktik berlayar (Prala) selama kurang lebih 10 bulan, terhitung sejak tanggal 10 Desember 2020 hingga 10 September 2022, saat penulis bertugas di atas MV. Sakti.

Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan fokus pada evaluasi perawatan dan pengoperasian sekoci sebagai salah satu alat keselamatan utama di atas kapal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan lifeboat drill di MV. Sakti belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai dengan ketentuan SOLAS 1974. Selain itu, kegiatan perawatan seperti pemberian pelumas (grease) dan penghilangan karat belum dilakukan secara menyeluruh terhadap seluruh komponen sekoci. Hal ini ditunjukkan dengan ditemukannya karat pada bagian hook plate sekoci, yang berdampak pada penurunan kinerja sekoci dalam keadaan darurat.

Penelitian ini menekankan pentingnya pemeliharaan berkala dan pelaksanaan latihan sekoci secara rutin guna menjamin keselamatan pelayaran dan kepatuhan terhadap regulasi internasional.

References

[1] Atraschelsea. (2018). Tugas Mengenai Alat Keselamatan Kapal Sekoci Penyelamat,(LifeBoat).(Online), http://sekocisuperku, blogspot.com /?m=1. Diakses pada tanggal 02 Mei 2020.
[2] Bakhri, Samsul. (2019). Optimalisasi Perawatan sekoci Penolong Jenis Totally Enclosed Space Untuk Keselamatan Pelayaran MV. HL Saijo. Semarang: Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Nautika.
[3] Iskandar, Eva. A. (2019). Jenis Sekoci dan Cara Penurunannya (Online), https://blogkapal.blogspot.com/2016/05/jenis-sekoci-dan-cara-pen urunannya.html?m=1. Diakses pada tanggal 28 Mei 2020.
[4] Junita, Retno & Rudiana (2020). Optimalisasi Perawatan Dan Pengoperasian Alat Keselamatan Di MV kartini Baruna. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Nautika.
[3] Kurniawan, Wahyu. (2010). Sekoci Penolong (Online), http://kramblidge. blogspot.com/2010/05/sekoci-penolong.html?m=1. Diakses pada tanggal 08 Mei 2020.
[4] Marta, Dwi. (2018). Rangkuman Tentang Solas Chapter III (Life Saving Appliance) (Online), Vol. 1, No. 14, Regulasi 20. https://nauti calpha.wordpress.com/2018/10/13/rangkuman-tentang-solas-chap ter-iii-life-saving-appliance/. Diakses pada tanggal 13 Juli 2022.
[5] Riadi, Muchlisin. (2019). Tujuan, Fungsi, Jenis dan Kegiatan Perawatan (Maintenance) (Online), https://www.kajianpustaka.com/2019/07 /tujuan-fungsi-jenis-dan-kegiatan-perawatan-maintenance.html?m =1. Diakses pada tanggal 02 Mei 2020
[6] Sugiyono. (2008) Memahami Penelitian Kualitatif.
[7] Velasco Indonesia (2016). Pentingnya Perawatan Alat Keselamatan Kapal. By Velasco Indonesia, No. 1.
Published
2025-07-09
Section
Articles