Analisis Olah Gerak Mv. Aquagenie 1 Pada Saat Berlabuh Jangkar di Yeosu Anchorage
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis olah gerak kapal MV. Aquagenie saat berlabuh jangkar di Yeosu Anchorage, Korea Selatan, serta mengevaluasi faktor-faktor penyebab insiden jangkar larat yang terjadi. Kapal sebagai sarana transportasi laut tidak terlepas dari risiko operasional, terutama saat menghadapi kondisi cuaca buruk, arus, dan angin kencang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa insiden jangkar larat yang dialami MV. Aquagenie pada 25 Juli 2023 disebabkan oleh beberapa faktor utama, yaitu pemilihan lokasi labuh yang kurang tepat, panjang rantai jangkar yang tidak memadai, serta kelalaian dalam dinas jaga saat cuaca mulai memburuk. Kapal berlabuh di area outer anchorage (D-1) tanpa bantuan pandu, dengan kondisi awal cuaca yang baik. Namun, cuaca kemudian berubah drastis dengan kecepatan angin mencapai ±35 knot, menyebabkan jangkar tidak mampu menahan kapal sehingga kapal mengalami pergeseran posisi (larat).
Sebagai langkah mitigasi, penelitian ini merekomendasikan pelatihan khusus bagi awak kapal, peningkatan koordinasi dalam dinas jaga, serta pengawasan rutin terhadap kondisi jangkar dan peralatan pendukung selama kapal berlabuh jangkar.
References
[2]. Bryman, A. (2016). Social Research Methods. Oxford University Press.
[3]. Dami, J. M. G. (2023). Analisis Pelaksanaan Dinas Jaga Laut. Makassar: PIP Makassar.
[4]. Gard. (2016). Anchore Loss - Technical and Operational Challenges and Recommendations, Swedia. DNV GL3.
[5]. Hastanto, R. F. (2023). Analisis Laratnya Jangkar Kapal MT. PIS Pioneer. Semarang: PIP Semarang.
[6]. House, D. (2013). Seamanship Techniques. Shipboard and marine Operation London: Routledge.
[7]. Maritime World. (2011). Ships Anchor. Diakses dari https://www.maritimeworld.web.id
[8]. Pamuji, A. R. A. (2020). Analisis Olah Gerak Kapal. Semarang: PIP Semarang.
[9]. Purwantomo, A. H. (2019a). Mengolah Gerak Kapal. Jakarta.
[10]. Rogers, P. (2018). Safety and Security in Maritime Operations. Butterworth-Heinemann.
[11]. Sjefudin. (2018) Olah Gerak dan Pengendalian Kapal, Jakarta : Maritim Jangkar
[12]. Subandrijo, D. (2011). Olah Gerak dan Pengendalian Kapal. Jakarta: Maritim Jangkar