PENGARUH SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR

  • Mustamin Latief Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Gradina Nur Fauziah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Smartphone, Prestasi Akademik

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Smartphone sebagai Media Belajar terhadap Prestasi Akademik Taruna PIP Makassar. Penelitian dilaksankan di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar dengan jumlah populasi 1.407 Taruna. Penarikan sampel adalah sebanyak 20% dadi total populasi atau sebanyak 281 taruna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Smartphone sebagai media
pembelajaran pada taruna berpengaruh terhadap prestasi akademik taruna. Berdasarkan hasil perhitungan yang didapatkan dari hasil kuisioner yang dibagikan pada responden, penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran berpengaruh sebanyak 20,9% terhadap prestasi akademik taruna PIP Makassar.

References

Arif S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Chaplin, J.P.2006. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karja I (Pendidikan). Pertjetakan Taman Siswa, Jogjakarta
Dina Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva. Perss.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka. Cipta.
Ferdiana, Ridi, ST, MT. 2008. “Membangun Aplikasi SmartClient Pada Platform Windows Mobile” Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
John Dewey. 1956. Philosophy of Education. Iowa: Littlefield, Adams & Co.
Muis Sad Iman. 2004.Pendidikan Partisipatif. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Pendidikan Nasional
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta
Suryabrata. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zaki. 2008. Intermediate Accounting. Edisi 8. Yogyakarta: BPFE.
Published
2022-11-21
Section
Articles