UPAYA MEMPERTAHANKAN KINERJA TURBOCHARGE MAIN ENGINE DI MT.EXPLORINDO 1

  • Tasdik Tona Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: kurang optimalnya, turbocharge, main engine

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penyebab kurang optimalnya kinerja turbocharger main engine di kapal MT. Explorindo 1. Penelitian ini dilaksanakan dil MT. Explrondo 1,milik PT. Buana Lintas Lautan yang dilaksanakan dari tanggal 18 Desember 2019 sampai dengan tanggal 7 Januari 2021. Sumber data yang diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan cara observasi serta data-data dari beberapa buku referensi. Hasil penelitian ini diperoleh dari penelitian yang menunjukkan bahwa kurang optimalnya kinerja turbocharge main disebabkan oleh kotornya turbin blade pada turbocharger main engine dan kotornya saringan udara pada turbocharge, karena kurangnya perawatan atau pembersihan pada turbin blade dan filter turbocharge secara berkala sesuai jadwal perawatannya.

References

[1]. Instruction Manual for Mitsubishi Exhaust Gas Turbocharge Model MET66SEII
[2]. Instruction Manual for Hyundai Man B&W Type 6S46MC-C
[3]. Arismunandar, Wiranto.1988. Pembakaran Mula Motor Bakar Torak. Bandung: ITB Bandung
[4]. Arifin, Zaenal dan Sukoco.2008. Teknologi Motor Diesel. Bandung: Penerbit Alfabeta
[5]. Nugroho, Chaesar Pratama Satya. 2016. Komponen Turbocharger. https://chaesarsatya.wordpress.com/2016/09/26/komponen-turbocharger/. Telah diakses pada 25 Mei 2019
[6]. Priambodo, Bambang. 1991. Operasi dan Pemeliharaan Mesin Diesel. Jakarta : Erlangga
[7]. Sunaryo, Hery dan Triyono. 1988. Motor Diesel Penggerak Kapal. Bandung : NSOS
[8]. Satriya, Aan . 2021 . Keuntungan & Kerugian Menggunakan Turbocharge. https://www.capuraca.com/2018/07/kelebihan-dan-kekurangan-turbocharger.html Telah diakses pada 8 Oktober 2021
Published
2022-10-25
Section
Articles