ANALISIS FAKTOR PEMILIHAN KAPAL OLEH PELAUT INDONESIA BERDASARKAN PSIKOGRAPHI BERBASIS SEGMENTASI DEMOGRAPHI

  • Yudi Satria Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Sugiyono Sugiyono Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Adnan Adnan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Andi Asnita Novyanti Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Faktor Pemilihan Kapal, Pelaut Indonesia, Psikographi, Demographi

Abstract

Hasil penelitian Forret dan Dougherty (2004) mengatakan bahwa salah satu faktor yang berpengaruh terhadap percepatan mendapatkan pekerjaan pada hampir semua profesi adalah modal sosial. Sementara penelitian Lowe dan Worsley (2002) mengatakan bahwa selain modal
sosial, faktor skill non kognitif juga berperan penting dalam menentukan pilihan keputusan seseorang seperti keputusan karir. Salah satu elemen
skill non kognitif ialah faktor psikographi. Berdasarkan latar belakang diatas penelitian ini akan menelaah faktor modal sosial dan skill non kognitif psikographi dari susunan nilai, dari individual pada profesi pelaut, terkait dengan faktor kesuksesan karir yaitu percepatan mendapatkan pekerjaan. Metode penelitian yang digunakan ialah melalui pengumpulan kuisioner tertutup. Subjek penelitian ialah sampel yang menerima kuisioner yang disebarkan, setelah kuisioner tersebar berhasil dikumpulkan kembali maka dilakukan proses seleksi dengan mengeluarkan kuisioner dengan jawaban yang kosong dan dengan jawaban yang meragukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktorfaktor perilaku membangun jaringan yang berpengaruh signifikan terhadap pemilihan metode pencarian kerja jaringan sosial pada pelaut Indonesia adalah perilaku mempertahankan kontak dan aktivitas bersosialisasi, sedangkan aktivitas professional tidak berdampak terhadap intensitas penggunaan metode jaringan sosial dalam mencari kerja. 

References

Goad R dan Mooney T. 2008 . The Impact of Sosial Networking in the UK. Hitwise and Experian join research report.
Lowe, C dan Worsley, A. 2002. Psychographic Segmentation Of Beijing Adult Population And Food Consumption. Asia Pacific Advances in Consumer Research Vol 5, Pages 265-273.
Nielsen.2009. Global Faces and Networked Places A Nielsen report on Sosial Networking’s new Global Footprint. Nielsen Company.
Ofcom research. 2008. Sosial Networking A quantitative and qualitative research report into attitudes, behaviours and use.
Caliendo, M. Schmidl, R. dan Uhlendorff, A. 2010. Sosial Networks, Job Search Methods and Reservation Wages: Evidence for Germany, Discussion Paper No. 5165 The Institute for the Study of Labor.
Wanberg C, dan Kanfer, F.2000. Predictors and outcomes of networking intensity among unemployed job seekers, Journal Of Applied Psychology. Vol. 85, No. 4, 491-503.
Hoye, Y. Hooft, E dan Lievens, F.2009. Networking as a job search behaviour: A sosial network perspective Journal of Occupational and Organizational Psychology, Vol 82, 661–682
Published
2022-07-15
Section
Articles