Efektivitas Pelaksanaan Jasa Keagenan Dalam Kegiatan Pelayanan Kapal Pada PT. TRANSCOAL PACIFIC

  • Sitti Syamsiah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Novianty Palayukan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Muharmansyah Muharmansyah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Jasa Keagenan, Pelabuhan, Kapal

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui kendala yang bisa terjadi selama pelaksanaan jasa keagenan, dan juga bagaimana efektifitas pelayanan kapal oleh PT. Transcoal Pacific. Penelitian dilaksanakan di PT. Transcoal Pasific, sejak tanggal 08 Agustus 2018 hingga tanggal 03 Mei 2019. Sumber data adalah data primer yang langsung diperoleh dari tempat penelitian dengan cara observasi, wawancara langsung dengan petugas atau karyawan dan literatur–literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan kendala-kendala yang dihadapi oleh agen diantaranya adalah kerusakan pada mesin kapal, kelengkapan dan masa berlaku sertifikat kapal, dan permasalahan terkait anak buah kapal sendiri.

References

Engkos K. dan Hananto S. (2007), Manejemen Perusahaan Pelayaran. Jakarta: Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi, Trisakti. Herry Gianto dan Martopo, Asro. (1990). Pengoperasian Pelabuhan Laut. Jakarta:
Yayasan Bina Citra Samudra Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia (2001) Tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Angkutan Laut yang Berlaku Di Dalam Negeri Nomor KM 33 tahun 2001.
Pemerintah Mentri Perhubngan PM 34 Tahun 2012 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Kesyahbandaran Utama Peraturan Perundangan No 64 Tahun 2015 tentang Kepelabuhanan Sujatmiko, C.D. (1994) Prosedur Penanganan Dokumen Kapal, Jakarta: Universitas Indonesia, Fakultas Teknik. Undang-undang Republik Indonesia Tentang Pelayaran, UU No. 17 Tahun 2008
Published
2022-06-30
Section
Articles