PEMANFAATAN GOOGLE SCHOLAR DALAM MENDUKUNG PERSIAPAN SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING DI POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR
Abstract
Penelitian yang bertujuan mengkaji pemanfaatan Google Scholar di Politeknik
Ilmu Pelayaran Makassar ini dilaksanakan dalam rangka mendukung proses
persiapan penerapan sistem pembelajaran e-learning di Politeknik Ilmu
Pelayaran Makassar. Selain itu riset ini juga mengkaji tingkat penguasaan
Google Scholar di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Lokus penelitian
adalah Kampus II Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Kampus II berlokasi di
jalan Daengta Qalia, Salodong, Kecamatan Untia, Kota Makassar. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis deskriptif. Teknik ini
digunakan untuk memberikan gambaran umum data penelitian dan
mendeskripsikan karakteristik responden. Sementara metode yang digunakan
dalam pengumpulan data adalah melalui metode dokumentasi dan metode
kuesioner. Sample penelitian berjumlah 59 orang taruna yang duduk di kelas
Teknika IIIE, IIIF, Nautika IIIF, IIIG dan lulus seleksi pada tahun ajaran
2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah penggunaan
Google Scholar adalah cukup banyak. Atau dengan kata lain sebagian besar
(24 orang sample dari 59 orang populasi) atau 40,68% responden memilih
jawaban tersebut. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat
penguasaan Google Scholar di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar adalah
cukup mahir. Artinya sebagian besar responden yang berjumlah 26 (dua puluh
enam) orang atau 44,07% memilih jawaban tersebut.
References
diterbitkan pada tahun 2011. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah
Medan Elektromagnetik Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Edukasi
Vol. 5 No. 1. Yogyakarta: , 3.
H.J. Gino, Suwarni, Suripto, Maryanto, Sutijan. (2000). Belajar dan
Pembelajaran I. Surakarta: Penerbit. UNS Press.
Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.
Bandung: PT Refika Aditama.
Ni Ketut Susrini (2009). Google. B First. p. 113. ISBN 978-979-24-3840-6
Pupuh Fathurrohman & dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter.
Bandung: PT. Refika Aditama.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Penerbit. Kencana
Prenada Media Group.
Siahaan, S. (2004). E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai Salah
Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan , 42.
Sudirman, S. (2007, Mei senin). E-learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai
Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Dipetik April Selasa,
2017, dari E-learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu
Alternatif Kegiatan Pembelajaran: http://www.balitbang.org
Sugandi, A. (2000). Teori Pembelajaran. Bandung: PTenerbit. Remaja
Rosdakarya.
Sugiono. (2009). Metedologi penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani Filosofi Pembelajaran dan Masa
Depan. Bandung : Penerbit. Yayasan Nuansa Cendikia.
Valiant, N. (2013, Mei Jumat). Google Scholar. Dipetik 11 Selasa, 2017, dari
Google Scholar: http:// minniemickie.blogspot.co.id/ 2013/05/apa-itugoogle-scholar.html
Waller, V. a. (2001, October 2001 Rabu). A Definition for E-Learning” in
Newsletter of Open and Distance Learning Quality Control. Dipetik April
Selasa, 2017, dari A Definition for E-Learning” in Newsletter of Open
and Distance Learning Quality Control.:
http://www.odlqc.org.uk/odlqc/n19-e.htmI