PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN TARUNA DI PIP MAKASSAR

  • Rosnani Rosnani Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Rachmat Tjahjanto Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Alberto Alberto Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Muhlis Muhayyang Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Filipus Neri Iswanto Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Pendidikan Karakter, Disiplin, Tarun /Taruni

Abstract

Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian adalah Bagaimana pelaksanaan
pendidikan karakter disiplin taruna / taruni mengenai disiplin tepat waktu, disiplin
mentaati aturan , disiplin prilaku dan beribadah di PIP Makassar. Berdasarkan pokok
permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan
pendidikan karakter disiplin taruna /taruni mengenai disiplin tepat waktu, disiplin
mentaati aturan, disiplin prilaku dan beribadah di PIP Makassar. Penelitian ini
merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif pendekatan
kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi , wawancara dan
kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Taruna semester I , semester II,
semester IV dan semester VIII jurusan Nautika ,Teknika dan KALK. pada Politeknik
Ilmu Pelayaran Makassar. Jumlah populasi penelitian ini adalah sebanyak 1291
Taruna / Taruni. Jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 130 Taruna / taruni
Tehnik pengambilan sampel menggunakan Stratified random sampling yaitu
pengambilan sampel secara kelompok acak sederhana. Pelaksanaan Pendidikan
Karakter Disiplin pada PIP Makassar sudah berjalan dengan baik sesuai dengan Pola
Pengasuhan Taruna dan dituangkan didalam peraturan tata tertib taruna, tingkat
kedisiplinan taruna/taruni masuk di kategori baik sesuai dari hasil olah data kuesioner,
hanya saja pengawasan masih perlu ditingkatkan lagi dan menggunakan pola atau
metode pembiasaan - pembiasaan yang positif mengenai kedisiplinan dan taat
pada aturan, karena membangun Pendidikan Karakter Disiplin bagi para taruna /
taruni tidaklah mudah, butuh proses yang ekstra untuk memberikan bimbingan
terhadap para taruna / taruni, itu semua harus di mulai dari lingkungan instansi
pendidikan dengan menerapkan sistem yang bermutu dan lingkungan yang positif
sesuai dengan istilah mendidik karakter dengan karakter. Untuk mencegah tindakan
pelanggaran disiplin harus menerapkan sanksi akademik yang berefek jera kepada
taruna / taruni yang sering melakukan kesalahan atau tindakan pelanggaran disiplin
secara berulang – ulang sehingga bisa memberikan pelajaran buat taruna yang
melanggar serta buat taruna /taruni yang lain untuk tidak melakukan pelanggaran
tindakan disiplin .

References

Dian andayani. 2010 ,, Pedidikan karakter dalam perspektif Islam. Bandung: Insan Cita Utama
Doni Koesoema, 2010 Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: PT.Grasindo
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka
Kemendiknas 2010
Mochtar Buchori, 2005 , Character Building dan Pendidikan Kita.
Pedoman Pola Pengasuhan Taruna, 2014 BPSDM Kementerian Perhubungan , Jakarta
Pertibtar Revisi IV , 2014 PIP Makassar
Ratna Megawangi, 2016. Mendidik Karakter Dengan Karakter
Sugiyono. 1994. Metode Penelitian . Bandung: Alfabeta.
Sabarani, 2016. Membangun Karakter Kemanusian Membentuk Kepribadian Bangsa Melalui Pendidikan
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tantang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2021-04-09
Section
Articles