ANALISIS PENGARUH ANGIN DAN ARUS TERHADAP OLAH GERAK MT.GANDINI SAAT AKAN SANDAR DI PELABUHAN PERTAMINA BALIKPAPAN
Abstract
Kemampuan olah gerak kapal akan dipengaruhi oleh dua faktor dari luar, yaitu keadaan laut dan keadaan perairan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui pengaruh angin dan arus terhadap olah gerak kapal MT.GANDINI pada saat akan sandar. Hal ini untuk memberikan informasi tentang bagaimana mengolah gerak kapal agar keselamatan pelayaran dapat tercapai. Penelitian ini dilaksanakan di atas kapal MT. GANDINI salah satu armada milik PT. BULL pada saat penulis melaksanakan praktek laut (PRALA). Data diperoleh dengan cara melakukan pengamatan dan wawancara pada pihak yang bersangkutan serta kajian literatur yang berkaitan dengan judul skripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada saat berolah gerak banyak faktor yang harus diperhatikan oleh perwira di atas kapal khususnya keadaan angin dan arus, terbukti bahwa kapal terdorong oleh arus sehingga hampir bersenggolan dengan kapal yang sedang berlabuh jangkar. Hal ini menunjukkan bahwa, kecepatan dan arah angin serta arus sangat berpengaruh terhadap pergerakan kapal pada saat akan sandar di pelabuhan.
References
[2] Hutabarat dan Evans. (1984). Pengertian Arus Laut (Online) http://www.pengertianilmu.com diakses pada tanggal 16 September 2018
[3] Istopo. (2001). Olah Gerak dan Pengendalian Kapal. Jakarta : Koperasi Pegawai BP3IP Sejahtera.
[4] Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.(2012). Pedoman penulisan Skripsi. Makassar : Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.
[5] Tim FIP-IKIP Semarang.Olah Gerak kapal. Semarang : FIP-IKIP Semarang.
[6] Widarbowo, D. (2011:83) Pengertian Angin (Online) http://www.seputarilmu.com diakses pada tanggal 16 September 2018