STUDI EXPERIMEN PENGARUH KANDUNGAN MINYAK LUMAS TERHADAP KERATAAN MAIN BEARING MAIN ENGINE MV. BNI CASTOR

  • Rudi Saman Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Abdul Basir Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Rukmini Rukmini Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Minyak lumas dan main bearing

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kandungan minyak lumas terhadap kerataan main bearing main engine. Fungsi pelumasan main bearing yaitu untuk megurangi gesekan pada main bearing dan crankshaft agar tidak terjadi kontak
langsung antara kedua bagian yang dapat menyebabkan keausan pada kedua permukaan yang dapat mempengaruhi kinerja main engine. Lokasi penelitian ini berada dikamar mesin Kapal MV. BNI Castor, milik PT. Bahtera Niaga Internasional. Sistem pelumasan pada MV. BNI Castor menggunakan jenis pelumasan carter basah dan merk minyak pelumas adalah Meditran SMX SAE 40. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya penanganan atau perawatan pada bantalan utama dan akhirnya menyebabkan daya kerja bantalan tidak maksimal dalam menjaga tingkat keseimbangan putaran poros.

References

[1]. P. Van Maanen,. Motor Diesel Kapal Jilid 1 Nautech.
[2]. Robert L . Mott, P.E., 2004. Elemen-Elemen Mesin dan perancangan Mekanis By person education.
[3]. Sularso., Kiyokatsu suga., Dasar Perencanaan dan pemilihan Elemen Mesin.
[4]. S.H Frederik dan H. Capper., 1976 Materials For Marchinery
[5]. V,L. Maleev M, E, - Dr.AM, 1986. Operasi dan Pemeliharaan Mesin Diesel.
[6]. Rizqon fajar dan Siti Yubaidah, 2017 Penentuan Kualitas Pelumasan Mesin
[7]. M.arisandi., Darmanto., Priangkoso, M., 2012. Analisa Pengaruh Bahan Dasar Pelumas Terhadap Viskositas Pelumas Dan Konsumsi Bahan Bakar
[8]. Prasetya Sigit S., Astriawati, N., Purjiyono., 2019. Perawatan Sistem Pelumasan Mesin Utama
Published
2020-04-01
Section
Articles