PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN TARUNA DITINJAU DARI ASPEK KEBUDAYAAN INDONESIA

  • Muhlis Muhayyang Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Pendidikan Karakter, Kedisiplinan, Kebudayaan Indonesia

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui peran pendidikan karakter, peran sekolah tinggi dan opsi yang dapat dikembangkan dalam membentuk kedisiplinan taruna. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif, data yang dikumpulkan berasal
dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan atau memo peneliti dan dokumen resmi layang mendukung peneliti mencocokkan antara realita empiris dengan teori yang berlaku dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kedisiplinan taruna sangatlah berkaitan dengan pendidikan karakter dan dapat meningatkan kedisiplinan taruna. Peran kampus dalam peningkatan kedisiplinan sangatlah dibutuhkan dalam hal penerapan pendidikan karakter yang digabungkan dengan pendidikan akademik agar menghasilkan lulusan yang memenuhi kualitas dan sesuai harapan. Yang dapat dikembangkan pada pendidikan karakter taruna adalah dengan penerapan pendidikan karakter dalam satu mata kuliah atau setiap mata kuliah, dan dengan menginternalisasikan nilai-nilai karakter dalam perkuliahan mengevaluasi perkuliahan tentang nilai-nilai tersebut di setiap akhir perkuliahan untuk menentukan mahasiswa tersebut layak lulus atau tidak.

References

[1]. Berkowitz, Battistich, dan Bier. (2008). “What Works in Character Education. What IsKnown and What Needs to Be Known”. Handbook of. Moral and Character Education. Pages 414- 431. New York: Tailor andFrancis.
[2]. Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya : Bandung.
[3]. Otten, E. H. (2000). Character Education. Bloomington, IN: ERIC Clearinghouse for Social Studies/Social Science Education. (ERIC Document Reproduction Service No. ED 444 932). Retrieved August 23,2018.Darihttp://www.ed.gov/database/ERIC_Digestts/ed444932 html.
[4]. Santoso, D. (2011). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Diakses 20 September 2018. http://suaraguru.wordpress.com/2011/05/20/ pendidikankarakter-di-perguruan-tinggi/
[5]. Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Membangun Karakter Ideal Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2020-04-01
Section
Articles