TINJAUAN SISTEM PENDIDIKAN SEKOLAH KERJA, PENDIDIKAN DI JERMAN, DAN PENDIDIKAN DI CINA

  • Sahabuddin Sunusi Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: system pendidikan dan sekolah kerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui setiap aliran memberikan pengaruh terhadap pembelajaran ataupun pengajaran modern saat ini. Tulisan ini dimulai dengan menelaah beberapa aliran yang merupakan pandangan dari beberapa ahli mengenai sekolah kerja dan pengajaran proyek yang ada di Indonesia. Selanjutnya dengan menelaah pola pendidikan yang ada di Jerman, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai pola-pola pendidikan di Cina. Pada bagian akhir diberikan implikasi semua pola-pola tersebut terhadap dunia pengajaran pada saat ini.

References

[1]. Soejono, Ag. Aliran Baru dalam Pendidikan dan Pengadjaran. Djakarta: Harapan Masa.
[2]. Thut, I.N. dan Don Adams. Pola-pola Pendidikan dalam Masyarakat Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[3]. Barnadib, Imam. 1986. Dasar-Dasar Pendidikan Perbandingan, Yogyakarta: Institute Press IKIP Yogyakarta.
[4]. Tilaar, H.A.R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional: Dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Indonesia Tera.
[5]. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Jakarta: Sinar Grafika.
Published
2020-04-01
Section
Articles