PENYEBAB AIR STARTING VALVE TIDAK BEKERJA PADA DIESEL GENERATOR DI KAPAL MV. CSSC GLADSTONE

  • Pangeran Valent Purba Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Suyuti Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Muhammad Tri Pujiyanto Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab tidak berfungsinya Air Starting Valve pada Diesel Generator di kapal MV. CSSC GLADSTONE. Komponen ini memiliki peran vital dalam proses penghidupan awal mesin diesel, sehingga kerusakan padanya dapat mengganggu operasional kapal secara keseluruhan. Berdasarkan hasil observasi di atas kapal, ditemukan beberapa faktor penyebab utama kerusakan, antara lain adanya endapan sedimen pada dinding valve yang menghambat aliran udara, kerusakan pada O-ring yang menyebabkan kebocoran udara bertekanan, serta tekanan udara yang tidak mencukupi pada main air reservoir. Masalah-masalah tersebut menyebabkan terganggunya fungsi katup dalam menyalurkan udara ke ruang pembakaran saat proses starting.

Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 11 bulan di atas kapal MV. CSSC GLADSTONE milik perusahaan Wah Kwong Shipping Management. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan pengumpulan data primer melalui observasi langsung, wawancara dengan teknisi kapal, serta dokumentasi pemeliharaan teknis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawatan preventif secara berkala, pemeriksaan dan penggantian komponen yang aus, serta pemantauan tekanan udara secara rutin sangat penting untuk menjaga kinerja Air Starting Valve. Dengan demikian, upaya preventif ini dapat meningkatkan efisiensi operasional Diesel Generator dan mencegah terjadinya gangguan fungsi mesin saat kapal beroperasi.

Referensi

[1]. Adnan Syahdi Jalil, Adnan Syahdi Jalil (2023) ANALISIS KEGAGALAN START PADA MAIN GENERATOR DI MV OCEAN VENTURE. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.
[2]. Harrington, R. & McCoy, M. (2012). Marine Engineering. Cornell Maritime Press.
[3]. Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
[4]. Lamb, T. (2011). Ship Design and Construction. Society of Naval Architects and Marine Engineers (SNAME)
[5]. Lee, K.-H., & Jang, B.-H. (2013). Lightweight Design of a Main StLee, K.- H., & Jang, B.-H. (2013). Lightweight Design of a Main Starting Air Valve through FSI Analysis. Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 14(11). https://doi.org/10.5762/kais.2013.14.11.5371arting. Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 14(11). https://doi.org/10.5762/kais.2013.14.11.5371
[6]. Sitompul, A. M., Robinson, & Chaerudin, R. (2020). Analisis Menurunnya Performa Kompresor Udara Guna Kelancaran Operasional Mesin Induk Di Kapal MT.Asike 1. Meteor STIP Marunda, 13(2). https://doi.org/10.36101/msm.v13i2.153
[7]. Nugroho, A. (2018). Manajemen Perawatan Mesin Kapal. Surabaya: Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
[8]. SNAME. (2010). Marine Engineering Reference Book. Society of Naval Architects and Marine Engineers.
[9]. Taylor, D. (2015). Diesel Engine Systems. Routledge
[10]. Tupper, E. C. (2013). Introduction to Naval Architecture. Butterworth-Heinemann.
[11]. Wijaya, R. (2020). “Analisis Sistem Pemeliharaan Preventif Mesin Diesel Kapal.” Jurnal Teknik Perkapalan Indonesia, 12(1), 45–52
Diterbitkan
2025-10-07
Bagian
Articles