OPTIMALISASI PERAWATAN ALAT LASHING KONTAINER UNTUK KEAMANAN MUATAN DI MV. DERYA MAS

  • Yomar Bontong Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Rusman Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Firnayanti Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Kontaine, Lashing, Perawatan

Abstract

Kapal pengangkut peti kemas merupakan kapal yang dirancang khusus untuk mengangkut peti kemas (container) berbagai ukuran. Kapal ini dilengkapi dengan peralatan pendukung seperti container base cone (kaki peti kemas atau sepatu kontainer) dan alat-alat lashing untuk menjaga stabilitas dan keamanan muatan selama pelayaran. Penelitian ini membahas perawatan alat-alat lashing container di kapal MV. Derya Mas, dengan fokus pada upaya menjaga keamanan muatan. Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana perawatan alat lashing dilakukan secara optimal agar muatan tetap aman hingga sampai di pelabuhan tujuan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, melalui wawancara dengan Mualim dan Anak Buah Kapal (ABK), observasi langsung selama praktik laut, serta dokumentasi pendukung. Hasil dari penelitian menunjukkan pentingnya perawatan rutin dan pemeriksaan berkala terhadap alat lashing untuk memastikan fungsinya tetap baik. Perawatan yang dilakukan meliputi pembersihan, pelumasan, serta pengecekan kondisi fisik alat secara berkala. Dengan perawatan yang tepat, alat lashing dapat berfungsi optimal dalam menjaga muatan tetap stabil dan aman selama pelayaran. Penelitian ini memberikan pemahaman bagi pembaca mengenai pentingnya perawatan alat-alat lashing dalam mendukung keselamatan pelayaran dan kelancaran proses bongkar muat di pelabuhan tujuan.

References

[1] Fakhrurrozi. (2017). Pengaruh Perawatan dan Pemeriksaan Twistlock terhadap Keselamatan Muatan Kontainer di Atas Kapal. Jakarta: Politeknik Ilmu Pelayaran.
[2] Gasper, L. (2017). Container Lashing Safety and Crew Training. Singapore: Marine Safety Institute Press.
[3] M Yusuf Ambo, M. (2020). Teknik Lashing Container Guna Mencegah Terjadinya Pergeseran Muatan Pada Kapal Mv. Kintamani (Doctoral Dissertation, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar).
[4] Nainggolan, A. (2016). Manajemen Muatan dan Keselamatan Kapal Niaga. Surabaya: Universitas Hang Tuah Press.
[5] Peter, R. (1995). Container Lashing Systems and Devices. Rotterdam: Ocean Maritime Publishing.
[6] Poerwadarminta, W.J.S. (2014). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
[7] Tumbel, J. (1991). Pengangkutan dan Penanganan Muatan di Laut. Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Departemen Perhubungan.
[8] Wardhana, M. A., & Wardhana, M. A. (2024). Pengamanan Muatan Dengan Lashing Dikapal Roro Mv. Sulawesi Leader (Doctoral Dissertation, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar).
Published
2025-10-07
Section
Articles