Analisis Pengaruh Angin Dan Arus Terhadap Olah Gerak MT. GAS NATUNA Saat Sandar di JETTY IBL III Pelindo Gresik

  • Ahmad Roohid Rifki Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Bruce Rumangkang Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Arlizar Djamaan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Abstrak

Penting bagi setiap pelayaran untuk memperhatikan angin dan arus pada saat akan sandar di pelabuhan. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan membaca buku tidal stream table yang ada di kapal, wind direction indicator, dan wind speed indicator. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mencegah bahaya yang dapat terjadi saat akan sandar di pelabuhan. Penelitian ini dilakukan di atas kapal MT. Gas Natuna, milik PT. BULL, yang merupakan salah satu perusahaan Indonesia. selama penulis melaksanakan praktek laut sejak 25 November 2022 sampai dengan 15 Desember 2023. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan cara metode survey yaitu dengan mengamati, dan mencatat secara langsung di lokasi tentang pengaruh angin dan arus terhadap olah gerak kapal yang dimana saja di layari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa arah dan kecepatan angin dan arus berpengaruh terhadap olah gerak kapal pada saat akan sandar, dan proses sandar yang baik adalah ketika kapal berlawanan dengan arus perairan di daerah tersebut agar tidak mudah hanyut dan kapal mudah untuk di kendalikan.

Referensi

[1]. Arif, L. Sarana Olah Gerak. Diakses dari http://laksomonoarif.com.plp
[2]. DetikNews. (2021). Kapal Feri Tabrak Dermaga di Merak Banten, Tak Ada Korban Jiwa. Diakses dari https://news.detik.com/berita/d-5353154/kapal-feri-tabrak-dermaga-di-merak-banten-tak-ada-korban-jiwa
[3]. Dinas Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut. (2023). Tabel Arus Pasang Surut Kepulauan Indonesia. Jakarta: TNI AL.
[4]. Saputra, D. P. (2012). Meteorologi (Edisi 1). Diakses dari http://repo.jayabaya.ac.id/3222/3/Meteorologi%20Edisi%201_compressed%20(1).pdf
[5]. Maritime World. (2010). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Olah Gerak. Diakses dari http://www.maritimewolrd.web.id/2010/07/htmlM=
[6]. Gross. (1972). Pengertian Arus Laut. Diakses dari https://www.pengertianilmu.com/2015/07/pengertian-arus-laut-seacurrent-arus.html
[7]. Hutabarat, S., & Evans, S. (1984). Pengertian Arus Laut. Diakses dari http://www.pengertianilmu.com
[8]. Yakob, I. (2015). Pengaruh Gangguan Terhadap Posisi Duga. Diakses dari https://esemkasajnb.wordpress.com/2015/04/19/pengaruh-gangguan-terhadap-posisi-duga/
[9]. Subar, M. A., Djaman, A., & Muhayyang, M. (2020). Analisis Pengaruh Angin dan Arus Terhadap Olah Gerak MT. GANDINI Saat Akan Sandar di Pelabuhan Pertamina Balikpapan. Diakses dari https://www.google.com/search?q=Menurut+Tim-Ikip+Semarang+(1998%3A1)
[10]. Peking. (2021). Olah Gerak. Diakses dari https://id.scribd.com/document/537540463/Olah-Gerak
[11]. Tim FIP-IKIP Semarang. Olah Gerak Kapal. Semarang: FIP-IKIP Semarang.
[12]. Widarbowo, D. (2011). Pengertian Angin. Diakses dari http://www.seputarilmu.com
Diterbitkan
2025-09-10
Bagian
Articles