Analisis Gangguan Sistem Pelumasan Pada Diesel Generator di Kapal MV. MSC Passion III
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah operasional pada Diesel Generator (DG) kapal MV. MSC Passion III, khususnya DG 4, yang mengalami penurunan tekanan oli dan peningkatan suhu setelah 25 jam beroperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab gangguan pada DG dan merumuskan langkah-langkah perbaikan yang dapat meningkatkan performa DG.Penelitian dilakukan dengan metode studi kasus melalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan kru kapal, observasi langsung terhadap kondisi mesin, dan studi pustaka terkait perawatan DG. Parameter yang dianalisis meliputi tekanan dan suhu oli sebelum, saat, dan setelah gangguan terjadi. Evaluasi dilakukan berdasarkan standar pabrik dan manual perawatan mesin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gangguan pada sistem pelumasan DG dipengaruhi oleh kondisi sistem pelumasan yang buruk terutama kotornya filter dan plat-plat LO Cooler yang kotor serta ketidakpatuhan terhadap jadwal pemeliharaan. Disarankan agar perawatan rutin dan pemantauan terhadap sistem pelumasan dilakukan secara konsisten untuk mencegah gangguan operasional DG yang serupa di masa mendatang.
References
[2] Brown, T. (2022). Teknologi Pelumasan Lanjutan untuk Mesin Diesel. Elsevier.
[3] Fadhil, F. (2023). Sistem Pengoperasian Dan Perawatan Generator Listrik Km. Permata Papua Di Pt. Citra Bahari Shipyard. Karya Tulis.
[4] Firnanda, A. D. I., & Ndori, A. (2021). Diperlukan Suatu Sistem Pelumasan yang Teratur dan Sistematis pada Mesin Kapal. Jurnal Cakrawala Bahari, 6(2), 45-50.
[5] Firnanda, A. D. I., & Ndori, A. (2021). Diperlukan Suatu Sistem Pelumasan yang Teratur dan Sistematis pada Mesin Kapal. Jurnal Cakrawala Bahari, 6(2), 45-50.
[6] Handoko, S., & Iskandar, I. (2023). "Peran Sistem Pendinginan dalam Menjaga Kinerja Mesin Kapal." Jurnal Teknologi Maritim, 5(1), 18-25.Makarov, B. N. (209). Marine Propulsion and Auxiliary Machinery. Elsevier.
[7] Kumar, R., & Patel, S. (2021). Tribologi dan Pelumasan pada Mesin Diesel Kapasitas Besar. Springer.
[8] Sari, R., & Prabowo, H. (2022). "Analisis Kualitas Pelumas dan Dampaknya terhadap Performa Mesin Kapal." Jurnal Ilmiah Teknik Perkapalan, 10(1), 34-40.
[9] Setiyantara, A., Karina, R., & Yuliani, E. (2023). Diperlukan Beberapa Hal dalam Penggunaan Minyak Lumas yang Tepat pada Mesin Kapal. Jurnal Cakrawala Bahari, 6(2), 45-50.
[10] Simanjuntak, R. (2021). Mekanisme Kinerja dan Kualitas Perawatan Sistem Pelumasan terhadap Kinerja Mesin Diesel Generator di Kapal. Jurnal Syntax Literate, 6(2), 45-50.
[11] Siregar, M. (2023). Analisis Gangguan dan Perawatan pada Mesin Diesel Generator di KM. Egon. Jurnal Bina Teknika, 8(1), 33-40.