Perbaikan dan Perawatan Kebocoran Pada Sea Water Pump di KM ARTHA SAMUDERA
Abstract
Sea Water Cooling Pump (pompa pendingin air laut) merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendingin mesin kapal. Kebocoran pada pompa ini dapat menyebabkan penurunan debit dan tekanan air pendingin, yang berdampak pada menurunnya efisiensi sistem pendingin dan kinerja mesin secara keseluruhan. Penelitian ini dilakukan di atas kapal KM. Artha Samudera selama pelaksanaan Praktek Laut (PRALA) dari Oktober 2022 hingga Oktober 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penyebab kebocoran pada Sea Water Cooling Pump serta melakukan upaya perbaikan dan pemeliharaan guna mencegah kerusakan yang lebih lanjut. Metode yang digunakan meliputi pemeriksaan visual, identifikasi kerusakan komponen, dan tindakan perawatan berkala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebocoran umumnya disebabkan oleh keausan seal, korosi pada casing pompa, serta kelonggaran pada sambungan pipa. Dengan melakukan perawatan dan perbaikan yang tepat secara berkala, performa pompa dapat dipertahankan sehingga sistem pendingin kapal tetap berjalan secara optimal.
References
[2] Dela, D. (2020). Pengoperasian Pompa Ballast Di Kapal Mt. Martha Tender Pt. Waruna Nusa Sentana Jakarta. Karya Tulis.
[3] Djafar, M. (2019). Teknik Sistem Pendingin Kapal. Jakarta: Penerbit Maritim.
[4] Supriyono, A. (2020). Dasar-dasar Pemeliharaan Mesin Kapal. Surabaya: Politeknik Pelayaran.
[5] FAISAL, A. A. (2024). Analisis Kerusakan Fuel Oil (FO) Booster Pump Terhadap Kinerja Mesin Induk di Kapal MV. Red Resource (Doctoral dissertation, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang).
[6] Febrianto Peter Latanna, F. P. L. (2024). Optimalisasi Perbaikan Sistem Pendingin Pada Mesin Bantu Untuk Meningkatkan Kinerja Operasional Di Kapal Mt. Sea Reliance (Doctoral dissertation, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar).
[7] Hariyanto, T. (2017). Analisis Kerusakan Komponen Pompa Sentrifugal. Jurnal Teknik Maritim, 5(2), 85–92.
[8] Haikal, A. F., & Libian, A. (2023). Perawatan Dan Perbaikan Sistem Penerus Daya Suzuki Jimny 410 4wd (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri ujung Pandang).
[9] Iskandar, R. (2021). Maintenance Management pada Sistem Mekanikal Kapal. Makassar: Akademi Maritim Indonesia.
[10] Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. (2020). Panduan Teknis Pemeliharaan Mesin Kapal. Kementerian Perhubungan RI.
[11] MOHAMMAD, A. R. (2021). Penyebab Penurunan Kinerja Pompa Sentrifugal Terhadap Pendingin Mesin Induk. Karya Tulis
[12] Yulius Tanete, Y. T. (2024). Analisa Meningkatnya Temperatur Pendingin Air Tawar Pada Main Engine Dikapal MV. ETZOMER 502 (Doctoral dissertation, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar).