JURNAL VENUS https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns <p><strong>Jurnal Venus</strong> merupakan jurnal ilmiah yang mengelola bidang kemaritiman, kelautan, pelayaran dan Pendidikan Kepelautan. Jurnal ini diterbitakan setiap bulan<strong> Maret</strong>&nbsp;dan <strong>September</strong> setiap tahun. ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1606808730">2549-1997</a>. Artikel-artikel yang dimuat dilaksanakan dengan proses review dan diharapkan dapat memberikan masukan bagi para pengajar, akademisi, dan praktisi pada bidang pelayaran dan pendidikan kepelautan.</p> <p>Jurnal Venus telah bekerjasama dengan <a href="https://kpiunion.org/">Asosiasi Pelaut Indonesia </a>dan <a href="https://ikppni.org/">Ikatan Korps Perwira Pelayaran Niaga Indonesia</a></p> <div style="display: none;"> <p><a href="https://mysmileselfie.com/">slot gacor</a></p> <p><a href="https://bless.wednesday-blessings.com/">slot88</a></p> </div> en-US rukmini@gmail.com (rukmini) Mon, 06 Oct 2025 15:13:51 +0800 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS PROSEDUR MEMASUKI RUANG TERTUTUP DI KM SK 3 https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns/article/view/783 <p>CHAERUL AZNAR, “<em>Analisis Prosedur Memasuki Ruang Tertutup Di&nbsp; KM SK 3</em>”. Dibimbing oleh oleh Rudy Susanto sebagai pembimbing I dan Mursalim sebagai pembimbing II. Ruang Tertutup merupakan ruang terbatas yang tidak memiliki ventilasi udara secara terus menerus sehingga udara yang ada di dalam ruangan tersebut berbahaya dan beracun bagi keselamatan manusia. Hal ini disebabkan karena konsentrasi gas <em>hydrocarbon </em>yang tinggi<em>, </em>gas beracun dan kurangnya kurangnya kadar oksigen yang terkandung dalam ruangan tersebut. Semua kapal pastinya memiliki ruang tertutup, salah satu ruang tertutup yang ada di kapal adalah tangki ballast. Tangki Ballast merupakan salah satu bagian kapal yang penting, tangki ballast yang berisi air dan berguna sebagai penyeimbang stabilitas kapal baik ketika ada muatan maupun tidak memiliki muatan. Metode penelitian dari skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang dimana sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan pengamatan langsung (observasi), wawancara terhadap responden di kapal KM SK 3 dan juga studi Pustaka. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prosedur ketika memasuki ruang tertutup. Dalam hal ini prosedur yang perlu ditingkatkan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sebelum memasuki ruang tertutup untuk meningkatkan keselamatan ketika memasuki ruang tertutup dan memahami akan bahaya yang ada disekitar agar tercapai tujuan keselamatan</p> Rudy Susanto , Hadi setiawan, Mursalim Rahim Copyright (c) 2025 JURNAL VENUS https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns/article/view/783 Mon, 29 Sep 2025 15:22:09 +0800 ANALISIS PENGGUNAAN RADAR PADA SAAT BERNAVIGASI GUNA MENINGKATKAN KESELAMATAN PELAYARA DI MV. SINAR KINTAMANI https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns/article/view/807 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan pelayaran melalui kajian mendalam mengenai penggunaan radar kapal, khususnya dalam pengoperasian yang tepat dan aman guna mencegah bahaya navigasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa studi lapangan melalui wawancara dengan kru kapal, observasi langsung penggunaan radar, serta telaah terhadap prosedur standar operasional di kapal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan radar secara optimal berkontribusi terhadap peningkatan keselamatan pelayaran, terutama dalam mendeteksi objek sekitar, memantau kondisi cuaca, serta memastikan posisi kapal di perairan yang tidak terlihat oleh mata. Pada studi kasus di MV. <em>Sinar Kintamani</em>, penggunaan radar telah sesuai dengan prosedur yang berlaku, namun efektivitasnya terhambat oleh kendala teknis berupa magnetron scanner yang sudah melewati batas usia pakai, sehingga memunculkan <em>false echo</em>. Kesimpulannya, meskipun radar merupakan instrumen vital dalam mendukung keselamatan pelayaran, efektivitasnya sangat bergantung pada kondisi teknis peralatan dan pemeliharaan yang berkelanjutan.</p> Sahabuddin Sunusi, Barnabas Fendy Tallu, Sulastriani, Novianty Palayukan Copyright (c) 2025 JURNAL VENUS https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns/article/view/807 Mon, 06 Oct 2025 00:00:00 +0800 Pencegahan Kebocoran Tangki Air Ballast di SPOB. Toto XIV https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns/article/view/808 <p>Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penyebab dan penanggulangan kebocoran pada tangki ballast di atas kapal SPOB. <em>TOTO XIV</em>. Penelitian dilaksanakan selama 12 bulan 2 hari, terhitung sejak Januari 2022 hingga Januari 2023, dengan lokasi penelitian di atas kapal tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif, yaitu metode yang bertujuan untuk menjelaskan secara mendalam mengenai faktor-faktor penyebab kebocoran serta upaya pencegahan dan penanggulangannya.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebocoran pada tangki ballast kapal disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu kurangnya pengetahuan dan pengalaman anak buah kapal (ABK) dalam melakukan perawatan kapal, serta terbatasnya dana operasional perusahaan yang berdampak pada ketidakteraturan jadwal docking. Ketidakteraturan tersebut menyebabkan terjadinya korosi pada pelat tangki yang akhirnya menimbulkan kebocoran.</p> <p>Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya seleksi yang lebih ketat dalam perekrutan ABK, khususnya dalam hal kompetensi dan pengalaman terkait perawatan kapal. Selain itu, perusahaan pelayaran disarankan untuk memastikan pelaksanaan <em>docking</em> armada dilakukan secara teratur dan tepat waktu, guna mencegah kerusakan struktural yang dapat berakibat fatal terhadap keselamatan kapal.</p> Rachmat Tjhajanto, Siti Zulaikah, Eva Susanti, Fajrur Rahman Copyright (c) 2025 JURNAL VENUS https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns/article/view/808 Mon, 06 Oct 2025 14:48:57 +0800 PELAKSANAAN JASA KEAGENAN DALAM MENUNJANG PELAYANAN KAPAL PADA PT ADHIKA SAMUDERA JAYA https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns/article/view/809 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan yang terjadi selama pelaksanaan keagenan di Pelabuhan Banjarmasin serta upaya yang dilakukan oleh PT Andhika Samudera Jaya dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di kantor PT Andhika Samudera Jaya berlangsung dari bulan Agustus 2023 hingga Agustus 2024. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari lokasi penelitian melalui observasi dan wawancara dengan karyawan PT Andhika Samudera Jaya, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur-literatur yang relevan dengan topik penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, yang digunakan untuk menggambarkan secara sistematis fakta-fakta yang ditemukan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu hambatan utama dalam pelaksanaan keagenan adalah keterlambatan keberangkatan kapal, yang disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya sumber daya manusia, kurangnya ketelitian dalam pemeriksaan dokumen, serta kondisi cuaca buruk yang berdampak pada proses keberangkatan kapal. Untuk mengatasi hambatan tersebut, PT Andhika Samudera Jaya telah melakukan berbagai upaya, antara lain dengan meningkatkan ketelitian dalam memeriksa dokumen keberangkatan kapal, menyelenggarakan pelatihan bagi karyawan agar lebih teliti dalam menjalankan tugasnya, serta menambah jumlah karyawan guna meningkatkan efisiensi kerja. Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan pelaksanaan keagenan di Pelabuhan Banjarmasin dapat berjalan lebih lancar dan efektif.</p> Abdoellah Djabier, Sitti Syamsiah, Gradina Nur Fauziah Copyright (c) 2025 JURNAL VENUS https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns/article/view/809 Mon, 06 Oct 2025 14:55:03 +0800 OPTIMALISASI PROSES PENGURUSAN DOKUMEN MUATAN DI PT. ADHIGANA PARADUTA MULYA CABANG BELITUNG https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns/article/view/810 <p>Proses pengurusan dokumen muatan merupakan salah satu aspek penting dalam operasional perusahaan keagenan kapal. Efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan dokumen dapat mempengaruhi kelancaran aktivitas logistik serta kepatuhan terhadap regulasi maritim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala dalam pengurusan dokumen muatan di PT. Adhigana Paraduta Mulya Cabang Belitung serta memberikan rekomendasi untuk optimalisasi proses tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama yang dihadapi adalah kesalahan perhitungan kargo oleh surveyor, kesalahan input data pada Bill of Lading (B/L), keterlambatan pengurusan dokumen yang menyebabkan terbitnya Letter of Protest (LOP), serta kurangnya perangkat keras yang mendukung digitalisasi dokumen. Oleh karena itu, implementasi sistem digitalisasi dan peningkatan koordinasi antar pemangku kepentingan diusulkan sebagai solusi optimal.</p> Jumriani, Laode Hibay Umar, Leonardo Yorlan Jadu Copyright (c) 2025 JURNAL VENUS https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns/article/view/810 Mon, 06 Oct 2025 15:00:24 +0800 ANALISIS PELAKSANAAN TANK CLEANING GUNA MENUNJANG KELANCARAN BONGKAR MUAT DI MT. BAHARI MAJU II https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns/article/view/811 <p>Proses bongkar muat yang lancar dan efisien merupakan hal yang krusial dalam industri pelayaran. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi kelancaran bongkar muat adalah efektivitas pelaksanaan <em>tank cleaning</em>. <em>Tank cleaning</em> adalah proses pembersihan tangki kapal yang dilakukan setelah memuat muatan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis prosedur pelaksanaan <em>tank cleaning</em> yang efektif&nbsp;&nbsp; dan efisien di MT. BAHARI MAJU II Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini yaitu metode kuantitatif. Jenis yang digunakan dalam proses pengumpulan data ini adalah observasi dan studi kasus. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini Memberikan panduan bagi kru kapal dalam melaksanakan <em>tank cleaning</em> secara efektif dan efisien, dan juga Meningkatkan pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi kelancaran pelaksanaan <em>tank cleaning.</em></p> Masrupah, Haerani Asri, Muhlisin Copyright (c) 2025 JURNAL VENUS https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns/article/view/811 Mon, 06 Oct 2025 15:06:18 +0800 ANALISIS OPERASIONAL RADAR SECARA OPTIMAL SAAT BERNAVIGASI DI KM ORIENTAL GALAXY https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns/article/view/812 <p>Penelitian&nbsp; ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan dalam operasional radar saat bernavigasi di KM ORIENTAL GALAXY serta mengidentifikasi upaya optimalisasi pengoperasiannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung dan wawancara terhadap pihak-pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengoperasian radar di kapal belum sepenuhnya memenuhi standar operasional prosedur yang berlaku. Ditemukan beberapa kendala, antara lain inefektivitas radar dalam mendeteksi target dan potensi bahaya navigasi, kinerja magnetron yang menurun, serta adanya area blind sector pada cakupan radar. Selain itu, juga teridentifikasi fenomena anomali seperti kemunculan spurious echoes yang tidak sesuai dengan objek nyata. Upaya perbaikan diarahkan pada peningkatan kompetensi kru melalui pelatihan dan penyuluhan tentang pengoperasian radar yang benar. Penelitian ini menekankan pentingnya awareness terhadap keterbatasan teknis radar, serta perlunya pemeliharaan rutin untuk meningkatkan akurasi dan keandalan radar dalam mendukung keselamatan pelayaran. Dengan meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam penggunaan radar, diharapkan keselamatan navigasi kapal dapat lebih terjamin</p> Sultan, Ika Mustika, Nur Indah Sari, Ismail Copyright (c) 2025 JURNAL VENUS https://jurnal.pipmakassar.ac.id/index.php/vns/article/view/812 Mon, 06 Oct 2025 15:13:26 +0800