OPTIMALISASI BERNAVIGASI PADA SAAT CUACA BURUK DI KAPAL MT. ANARGYA 1
Abstract
Keselamatan pelayaran menjadi tantangan utama dalam operasional kapal, terutama saat menghadapi cuaca buruk yang dapat menghambat kelancaran bongkar muat dan meningkatkan risiko kecelakaan. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kru kapal, khususnya perwira navigasi, dapat mengoptimalkan kemampuan bernavigasi dan komunikasi guna menjaga keselamatan selama kondisi cuaca ekstrem. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi navigasi yang diterapkan dalam menghadapi cuaca buruk dan upaya optimalisasi kerja tim di atas kapal. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi selama praktik laut di kapal MT. Anargya 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapsiagaan kru, pemanfaatan alat bantu navigasi (seperti GPS, RADAR, AIS, dan ECDIS), serta koordinasi yang efektif melalui komunikasi internal sangat berperan penting dalam mengatasi kondisi darurat. Perwira deck terbukti mampu menjalankan tanggung jawab sesuai fungsinya, sementara keputusan strategis diambil secara cepat oleh Nahkoda berdasarkan pemantauan cuaca dan kondisi kapal. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan rutin, evaluasi prosedur keselamatan, serta peningkatan pemahaman terhadap alat navigasi modern untuk meminimalisasi risiko pelayaran. Penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam penguatan manajemen risiko dan keselamatan di sektor pelayaran nasional.
References
[2]. Komite Nasional Keselamatan Transportasi Republik. (2023). Kapal penyeberangan Dharma Rucitra III tenggelam di Pelabuhan Padangbai, Bali 12 Juni 2020. Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).
[3]. Olivia Almira I., Sahabuddin Sunusi, & Muhlis Muhayyang (2023) Analisis Kemampuan Bernavigasi Guna Mencegah Kecelakaan Dalam Cuaca Buruk di Kapal LPG/C Gas Arjuna : Jurnal Karya Ilmiah Taruna Andromeda, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.
[4]. Rudiana. (2021). Peranan Alat Navigasi Elektronik Berdampak Pada Keselamatan Pelayaran Diatas Kapal. Jurnal Ilmiah Nasional Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, 14, 40-45.
[5]. Sutryani, H., Rikardo, D., & Galib, I. (2022). Optimalisasi Olah Gerak Kapal dalam Pelayaran menghadapi Cuaca Buruk di Kapal. Journal Marine Inside.
[6]. Warman, Adhitya. (2022). Optimalisasi Bernavigasi Pada Saat Cuaca Buruk Di Kapal MT. Union Trust : Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar