Analisis Meningkatnya Temperatur Minyak Lumas Pada Motor Bantu Diesel Generator di Kapal MV. RESOLUTE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan memahami penyebab utama peningkatan temperatur minyak lumas pada motor bantu diesel generator selama periode 12 bulan di kapal MV. RESOLUTE. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, serta dokumentasi tertulis, yang mencakup data minyak lumas, spesifikasi teknis diesel generator, dan catatan perawatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan temperatur minyak lumas disebabkan oleh tidak optimalnya proses penyerapan panas pada lube oil cooler (L.O Cooler). Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan pada pipa-pipa kapiler pendingin, yang menghambat aliran dan proses perpindahan panas secara efektif. Temuan ini menekankan pentingnya pemeliharaan rutin terhadap sistem pendingin untuk menjaga stabilitas temperatur minyak lumas dan performa mesin.
References
[2] AFRIZAL, A. (2021). Analisis Meningkatnya Temperatur Minyak Lumas Pada Diesel Generator Di Kapal MV. SINAR KUDUS (Doctoral dissertation, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar).
[3] Alirejo, M. S., Daging, I. K., Martin, M., Basino, B., & Siahaan, J. P. (2022). Kajian penerapan viskositas minyak pelumas pada mesin penggerak utama kapal perikanan di PT. Hasil Laut Sejati. Jurnal Kelautan dan Perikanan Terapan (JKPT), 1(1), 30–37.
[4] FAKHRURAZI, M. (2022). Analisis Meninkatnya Temperature Minyak Lumas Pada Motor Bantu Diesel Generator Di Kapal KM. MUTIARA FERINDO VII (Doctoral dissertation, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar).
[5] Siskayanti, R., & Kosim, M. E. (2021). Analisis pengaruh bahan dasar terhadap indeks viskositas pelumas berbagai kekentalan. Jurnal Rekayasa Proses, 11(2), 94. https://doi.org/10.22146/jrekpros.31147