Analisis Pelaksanaan Olahgerak Kapal Sandar Dan Berangkat Dari Dermaga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan olah gerak kapal pada saat sandar dan keberangkatan dari dermaga. Olah gerak kapal di area pelabuhan merupakan manuver yang bersifat kritis, sehingga memerlukan perencanaan dan pelaksanaan yang cermat untuk menjamin keselamatan, efisiensi waktu, serta meminimalkan risiko kecelakaan. Penelitian ini mengkaji berbagai faktor yang memengaruhi proses sandar dan keberangkatan kapal, antara lain kondisi lingkungan (seperti arus dan angin), karakteristik kapal (ukuran, jenis, dan kemampuan manuver), fasilitas dermaga (desain dan peralatan tambat), serta prosedur operasional dan kompetensi personel yang terlibat. Metode yang digunakan meliputi observasi langsung di lapangan, pengumpulan data sekunder dari catatan logistik pelabuhan dan literatur terkait, serta wawancara dengan pihak-pihak terkait, seperti nakhoda, pandu, dan petugas dermaga. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif untuk mengidentifikasi pola, tantangan, dan praktik terbaik dalam pelaksanaan olah gerak kapal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan maupun risiko dalam operasi sandar dan keberangkatan kapal, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan optimalisasi prosedur guna meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasional di lingkungan pelabuhan.
References
[2] Istopo. (2018). Olah Gerak dan Pengendalian Kapal. Jakarta : Koperasi Pegawai BP3IP Sejahtera.
[3] MUH RIDWAN, S. Y. A. H. (2022). ANALISIS PROSES CLEARANCE IN AND OUT KAPAL PADA PERUSAHAAN PT. ADHIGANA PRATAMA MULYA CABANG PALU (Doctoral dissertation, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar).
[4] RAIHAN KURNIAWAN, R. K. (2024). ANALISIS DINAS JAGA DI KAPAL AHTS UNGARAN PADA SAAT SANDAR DI PELABUHAN PSTB BALIKPAPAN (Doctoral dissertation, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar).