Analisis Deteksi dan Perbaikan Kebocoran Pipa Air Laut Pendingin Mesin Induk di Kapal MV. Magdalena
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada kapal MV Magdalena, milik Wah Kwong Ship Management, selama periode 10 Januari 2023 hingga 12 Januari 2024. Data dikumpulkan melalui studi dokumentasi, wawancara, dan observasi langsung di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab kebocoran pada sistem pendingin mesin induk kapal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebocoran pada pipa air laut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu korosi, keausan, tekanan yang tidak terkendali, dan kerusakan fisik lainnya. Korosi merupakan penyebab utama kebocoran, yang dipengaruhi oleh kualitas air laut, tingkat keasaman (pH), suhu, dan keberadaan zat korosif. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk pengembangan metode deteksi dan perbaikan kebocoran pada sistem pendingin kapal.
References
[2]. Ardiansyah, P. P. I. M. R. (2019). Prototipe Penyeimbang Dan Pengukur Berat Muatan Kapal Ferry Sebagai Upaya Dini Pencegahan Kecelakaan Kapal Ferry. Surabaya, Indonesia. Diakses dari https://repo.pens.ac.id/1301/1/MAKALAH.pdf
[3]. Fisher Control International. (2023). control valve handbook: sixth edition. Fisher Control International, Inc. USA. Diakses dari https://www.emerson.com/documents/automation/control-valve-handbook-en-3661206.pdf
[4]. Imaningtyastuti, Dr Bayuseno dan Ir AP (2019) "Sambungan Las Pipa Stainless Steel 316 Pada Kondensor Di Dalam Media Larutan Nacl" Jurnal Mechanical Engineering Departement Fakultas Diponegoro. Diakses dari http://eprints.undip.ac.id/41607/
[5]. Valve Corporation. (2019). valve:handbook for new employees. valve press. Bellevue, Wahington USA. Diakses dari https://assets.sbnation.com/assets/1074301/Valve_Handbook_LowRes.pdf
[6]. Wicaksono, F., & Subekti, S. (2021). pengaruh penyumbatan aliran pada pipa dengan metode fast fourier transform. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 6(1), 77-83. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika/article/view/36339/15440