Analisa Faktor Penyebab Kerusakan Ejektor Pump Fresh Water Generator di Kapal MT. AD PRINCES

  • Rahul Pk Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Alberto Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Arifuddin Danduru Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Analisa, Ejektor, Fresh Water Generator

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penyebab tidak berfungsinya proses
pemurnian, sehingga dapat diketahui faktor apa saja yang membuat Pompa Ejektor
Fresh Water Generator tidak bekerja dengan optimal. Penulis menggunakan metode
kualitatif deskriptif dalam penulisan penelitian ini. Penelitian ini di kapal MT. AD
Princess, dari tanggal 10 Januari 2022 hingga 23 Januari 2023 (12 bulan 13 hari).
Sumber data untuk penelitian ini berasal dari data lapangan (observasi) dan dari
kepustakaan, yang terdiri dari dokumen, buku petunjuk manual, dan buku-buku yang
berkaitan dengan judul skripsi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penyebab
compressor tidak berjalan dengan optimal terjadi akibat adanya kebocoran pada
sistem pendingin dan juga kurangnya perawatan terhadap ejector pump sehingga
mengakibatkan kerusakan pada bagian bagian ejektor dan kurang optimalnya ejector
pump tersebut. Saran penulis yaitu melakukan pemeriksaan secara teratur terhadap
kondisi ejektor pump serta melakukan pemeliharaan preventif untuk memastikan
kinerjanya tetap optimal.

References

[1] Daryanto Daryanto (2023) Mitigasi Risiko Kegagalan Fungsi Peralatan Mesin Fresh Water Generator Https:// Jurnal. Unimar
Amni.Ac.Id/Index.Php/Jstm/Article/View/358
[2] Habli, M. H., Siregar, P. I., & Ginting, A. T. (2021). Analisis Tekanan Pompa Ejector Dan Proses Evaporasi Dan Kondensasi Pada Fresh Water
Generator Guna Memaksimalkan Produksi Air Tawar Di Kapal MV.Andhika.Paramesti.http://ejournal.www.stipjakarta.dephub.go.id/, 96. G
[3]Londong, M. (2019). “Analisa Penyebab Menurunnya Produksi Air Tawar Dari Fresh Water Generator Dikapal Mv Ruby Indah”.
[4]Lusiyanto. (2012). Steam Jet http://doinmarine.blogspot.com/2012/11/ejektor.html maret 2014 jam 09.30) Ejector (diakses 15
[5] Nurdin, Achmad. 2018. Analisis Kinerja Diesel Generator Listrik di Kapal MT. Fortune Glory XLI. Makassar. Politeknik Ilmu Pelayaran
Makassar.
[6] Putranto, W. A., Khaeroman, & Hamid, A. (2022). Pengaruh Variasi Tekanan Primary Flow dan Diameter Exit Nozzle Terhadap Secondary
Flow Pada Kinerja Ejector Fresh Water Generator. Pengaruh Variasi Tekanan, 18.
[7] S, Verando Versenius (2019). ANALISIS RETAKNYA SHAFT POMPA EJECTOR DI KAPAL. http://repository.pip-semarang.ac.id/, 50.
[8] Sularno, H., Wibisono, Y., & Kristiyono, A. E. (2019). PERMESINAN BANTU (UNTUK ATT-III) - Heli Sularno, M.H., M.Mar.E, Yohan Wibisono,
M.Pd., M.Mar.E, Antonius Edy Kristiyono, M.Mar.E., M.Pd
[9] Suparwo, Sp. 1. (2016). TANYA JAWAB PENGETAHUAN DASAR PERMESINAN KAPAL (Vol. 1). PT. Balai Pustaka (Persero).
Published
2024-08-08
Section
Articles