Studi Perawatan Instalasi Penumatic Sistem Dalam Pengontrolan Mesin Induk Kapal MV. GG Sejati

  • Muh Syafaat Suyuti Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Akib Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Suyanto Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Pneumatic System, Maintenansce, Pengoprasian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pemeliharaan instalasi sistem
pneumatik kapal untuk manajemen mesin induk. Penelitian ini menggunakan
pendekatan analisis deskriptif untuk mengkaji data yang ditemukan dalam publikasi
ilmiah. Penelitian ini dilaksanakan di MV. GG SEJATI, sebuah korporasi milik PT.
PELAYARAN NUSANTARA SEJATI, selama kurun waktu 12 bulan 14 hari. Sumber data
primer adalah observasi dan wawancara kepada Kepala Ruang Mesin (KKM), masinis,
dan awak kapal lainnya di lokasi penelitian. Data tambahan diperoleh dari dokumen dan
literatur yang relevan dengan penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan adanya
anomali pada sistem kendali angin. Hal ini ditandai dengan tidak rutinnya perawatan dan
pengecekan sistem kontrol angina yang mengakibatkan tidak normal nya sistem kontrol
angin pada mesin induk kapal. Saran penulis yaitu membuat jadwal rutin untuk
perawatan sistem kontrol angin dan dilakukan dengan konsisten, kemudian
konsultasikan dengan teknisi berpengalaman jika diperlukan.

References

[1] Erwaln, Algus& Raltih Dialh,2007, “Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik daln Masalah-masalah Sosial”, Galva Media, Jogjakarta
[2] Galsiyal roval, O. Al., T. V. Balskoval, Al. S. Kulmukhal metoval, and A YuSogubov. "Use ful nessof Using Elalsticity of the Hoisting Take in Modeling
the Electric Driveofthe Malin.
[3] Hoist of the Over heald Calsting Crane with Two Driving Motors Procedia Engineering 206 (2017): 1861-1866.
[4] Khetalgurov, 1994, “Marine Auxiliary Machinery and System” Moscow
[5] Neuenfelder Maschinen fabrik GmbH, 2011, “Instruction Manual Bord Cralne”, DK VS 35028, 21129 Hamburg German.
[6] Poltak Tommi, 2006, “SPSS Paramedis” Ardana Media, sleman yogyakrta Polyalkov Emelyalnovich,”CalrgoCralne” June 24, 1968, June 24, 1968
U.S.S.R.1252801 alnd 1252802.
[7] Ramli, Liyana, Z. Mohamed, Auwalu M. Abdullahi, H. I. Jafar, and Izzuddin M. Lazim. "Control strat egies for craln esystems: Al
comprehensive review." Mechanical Systems and Signal Processing 95 (2017): 1-23.
[8] S. Nasution, 2007, “Metode Research”, PT. Bumi Aksara Jakarta
[9] Santhi, L.R. and Beebi, L., 2014. “Position Control and Anti Swing Control of Over heald Crane Using LQR”.International Journal of Scientific
Engineering and Research, 3(8), pp.26-30.
[10] William, C.W., William M. J,. John Al.T (2012). Study Of Pneumatic System Installation Maintenance In Ship Main engine.
[11] Muh Thami. Studi Perawatan Pneumatic System di Atas Kapal KM.SINABUNG 14. Diss.Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.
Published
2024-08-07
Section
Articles