Analisis Sarana Prasarana dan Sdm Dalam Menunjang Kegiatan Pelayanan Jasa di PT. PRIMA LESTARI SEGERA ABADI CABANG CIREBON

  • Dani Haryanto Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Sitti Syamsiah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Jumriani Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Sarana Prasarana, Karyawan, Kantor

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui sarana prasaranan dan SDM dalam menunjang kegiatan pelayanan jasa, Penelitian ini dilaksanakan di Perusahaan Pelayaran PT. Prima Lestari Segara Abadi Cabang Cirebon Mulai 19 Maret 2020 sampai 30 Januari 2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurangnya motivasi kerja karyawan juga mengakibatkan rendahnya kinerja pelayanan keagenan. Kurangnya motivasi kerja tersebut di sebabkankarena belum maksimalnya reward/ hadiah/penghargaan yang diberikan oleh perusahaan terhadap karyawan dan Terbatasnya Sarana dan prasarana perusahaan PT. Prima Lestari Segara Abadi berpengaruh menjadi penghambat proses clereance in and out yang dilakukan karyawan bagian operasional di dalam perusahaan.

References

[1] Hasibuan, S.P. Malayu. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

[2] Ivancevich, Konopske Dan Matteson. 2006. Perilaku Manajemen Dan Organisasi. Alih Bahasa Gina Gania. Jakarta: Erlangga.

[3] Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63./Kep/M. Pan/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

[4] Mangkunegara, Anwar Prabu. 2001.Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

[5] Nugroho, Bambang. 2006. Reward And Punishment. Bulettin Cipta Karya, Departemen Pekerjaan Umum Edisi No 6/Iv/Juni 2006.

[6] Peter G. Northouse 2013. Kepemimpinan. Jakarta Pt. Indeks Permata Puri Media.

[7] Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

[8] Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

[9] Suyono, R.P. 2005. Shipping. Jakarta: Penerbit Ppm.

[10] Syamsiah, S., & Alfiani, D. (2019). Analisis Proses Pelaksanaan Charter Kapal Crew Boat Berdasarkan Waktu (Time Charter) di PT. ORELA BAHARI. Jurnal Karya Ilmiah Taruna Andromeda, 3(8), 227-234
Published
2023-04-04
Section
Articles