Analisis Proses Pengurusan Dokumen Muatan Barang Pada PT. Indo Dharma Transport Banjarmasin
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui keterlambatan pengurusan dokumen muatan barang guna mempercepat pengurusan dokumen muatan. Penelitian ini dilakukan di Banjarmasin, PT. Indo Dharma Transport, Jl. Jafri Zam-Zam No. 18/19 RT 38 Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia, selama 12 bulan yakni dari Agustus 2019 sampai Agustus 2020. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber data diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan cara dokumentasi, observasi dan wawancara secara langsung dengan karyawan perusahaan. Hasil paenelitian menunjukkan proses pengurusan dokumen muatan barang sudah sesuai prosedur namun masih terdapat lambatnya pengurusan dokumen muatan yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu perubahan Stowage plan, adanya Letter of Protest, sinyal dan perangkat keras.
References
[2]. Budianto, E. H. & Gurning, R. O. S. (2007). Manajemen Bisnis Pelabuhan. APE Publishing.
[3]. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. 2012. Peraturan Menteri Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan. No PM 36 Tahun 2012.
[4]. Kitab Undang-undang Hukum Dagang pasal 309-311 Kapal-kapal Laut dan Muatannya.
[5]. Kosasih, E. & Soewedo, H. (2007). Manajemen Perusahaan Pelayaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[6]. Maritimeworld.web.id. (2011). Pengertian Muatan (online). https://www.maritimeworld.web.id/2011/04/pengertianmuatan.html. (09 November 2020)
[7]. Presiden Republik Indonesia. UU No. 17 tahun 2008 Tentang Pelayaran. Jakarta: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.
[8]. Tjakranegara, Soegijatna. (1995). Hukum Pengangkutan Barang dan Penumpang. Jakarta: PT. Rineka Cipta
[9]. Wahyuni, T.I.E., Sunusi, S., Jaya, I., & Senitriany, B.N. (2009). Analisis Perkembangan Transportasi Laut Dalam Wilayah Sulawesi Untuk Mendukung Tol Laut. VENUS, 7(13), 61-74