Analisis Menurunnya Produksi Udara Bertekanan Pada Air Compressor Udara Di Lpg/C Gas Attaka

  • Zul Ifqar Amir Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Paris Senda Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Novianty Palayukan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Kompresor, Produksi, Udara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sebab terjadinya menurunnya produksi udara pada kompresor udara di LPG/C Gas Attaka. Penelitian di GAS ATTAKA, dari tanggal 19 Agustus 2019 sampai 29 November 2020. Sumber data diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan metode lapangan dan tinjauan kepustakaan seperti data tekanan yang dihasilkan kompressor serta pengamatan langsung pada saat sebelum melakukan overhaul dan setelah melakukan overhaul compressor di kapal GAS ATTAKA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab menurunnya produksi udara bertekanan pada kompresor adalah rusaknya ring piston yang diakibatkan oleh kurang optimalnya pelumasan atau perawatan secara rutin pada kompresor dan juga dipengaruhi oleh faktor usia.

References

[1]. Ardioktara (2016). Prinsip Kerja Motor atau Mesin Diesel dan Cara Kerjanya (online). https://ardioktara.wordpress.com/2012/07/carakerja-mesin- diesel-motor-bakar.html.Diakses pada tanggal 23 Mei 2018.

[2]. Fritz Dietze, (1993). Pompa dan Kompresor Turbin, Jakarta.

[3]. Qtussama.(2012). Materi Ajar Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Semester Genap(online).https://qtussama.wordpress.com/materiajar-tkr/kompresor-udara/. Diakses pada tanggal 29 April 2018.

[4]. Sularso dan Tahara H.(2006). Pompa dan Kompresor, Pemilihan, Pemakaian dan Pemeliharaan. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

[5]. Sularso dan Tahara H (2004). Pompa dan Kompresor, Pemilihan, Pemakaian dan Pemeliharaan, Cetakan Keempat. Jakarta: PT.
Pradnya Paramita.

[6]. Sutjiatmo dan Nurhadi I. (1981).Kompresor I Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.

[8]. Tanabe diesel engine co,ltd, Air Compressor Instruction Manual Book, Osaka Japan.

[9]. Tim PIP-Makassar, Permesinan Bantu (BP3IP), 2007, Jakarta.
Published
2023-04-04
Section
Articles