Analisa Penyebab Terjadinya Keausan Pada Bantalan Utama Mesin Induk di Kapal MT.SINDANG

  • Sahril Sabirin Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Muh Ivan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Hasiah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Mesin Utama, Kapal, Keausan

Abstract

Kapal MT.SINDANG merupakan tempat dilaksanakannya penelitian ini, merupakan kapal milik perusahaan PT. PERTAMINA (PERSERO), Jln. Yos Sudarso, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui lebih terperinci mengenai bantalan utama mesin induk dan faktor-faktor penyebab terjadinya keausan pada bantalan utama mesin induk. Adapun penelitian tersebut dilaksanakan di kapal MT.SINDANG selama 14 bulan 8 hari, mulai tanggal 19 Agustus 2019 sampai dengan tanggal 27 Oktober 2020. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif. Data yang diperoleh bersumber dari observasi secara langsung di lapangan diamati dan dicatat apa yang dilihat dikapal sesuai Instruction
Manual Book serta ditunjang dengan hasil dokumentasi untuk memberikan gambaran mengenai penelitian. Hasil penelitian menunjukkan penyebab terjadinya keausan pada bantalan utama mesin induk yaitu dikarenakan daya kerja film oil dengan tekanan minyak lumas tidak sesuai, perbandingan daya poros dengan beban bantalan yang tidak sesuai, dan kelelahan material dilihat dari jam kerja (running hours) dari bantalan. Sehingga mengakibatkan performa mesin utama akan menurun.

References

[1]. Maanen, P. Van,1997, Motor Diesel Kapal Jilid 1 Nautech.PT. Triasko Madra, Jakarta.

[2]. Maleev. V.L, M, E, DR. A.M, (1986: 91). Operasi dan Pemeliharaan Mesin Diesel. Jakarta. Terj. Priambodo Bambang, Erlangga.

[3]. Manual Book Wartsila Main Engine 6 RLB 66, MT.SINDANG.

[4]. Mott, Robert L, (2004), Elemen-Elemen Mesin dan perancangan Mekanis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

[5]. Sularso, K, (2002), Dasar Perencanaan dan pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.
Published
2023-04-03
Section
Articles