Analisis Pengaruh Menurunnya Tekanan Minyak Lumas Pada Mesin Induk di Kapal SC.DISCOVERY XLVI

  • Affan Achsanuddin Ashari Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Iswansyah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Rukmini Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Kapal, Mesin Induk, Minyak Lumas

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh menurunnya tekanan minyak lumas terhadap optimalisasi pegoperasian mesin induk. Dilaksanakan di SC, DISCOVERY XLVI. Dilakukan mulai tanggal 23 September 2020 hingga 10 Maret 2021. Sumber data yang diperoleh adalah data langsung dari tempat penelitian secara observasi dan wawancara langsung dengan chief engineer dan para masinis di kapal serta dengan metode kepustakaan yakni literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa jika terjadinya penurunan minyak lumas disebabkan oleh tersumbatnya filter oil maka untuk menormalkan kembali dilakukan pembersihan filter oil secara rutin.

References

[1]. Guo, F., & Wong, P. L. (2004). Klasifikasi Jenis dan Penggunaan Minyak Lumas Beserta Nama Pabriknya. Tribology International, 37(2), 119–127. ISSN 2477-6041https://doi.org/10.1016/S0301-679X(03)00042-2.

[2]. Junhong, Z., Guichang, Z., Zhenpeng, H. E., & Jiewei, L. I. N. (2013). Analisis Konsumsi Minyak dalam Silinder Mesin Diesel untuk Optimalisasi Cincin Piston. 26(1). ISSN 2715-7660 https://doi.org/10.3901.

[3.] Kritis, P. T., & Renner, P. (2019). Dispersi Nanopartikel dalam Minyak https://doi.org/01923Pelumas: Tinjauan Kritis. ISSN 2503-2364 https://doi.org/10,3390.

[4]. Ltd, T. & F. I. (2014). pelumas Sifat berair Surfaktan Solusi. 37–41. ISBN 978602-39G0334https://doi.org/10.1080.

[5]. Ii, V., & Bruce, R. W. (n.d.). BUKU dari pelumasan dan tribology VOLUME II: Vol. II. ISBN 978-1420069082 https://doi.org/01923.

[6]. Maleev,V. (1991:185). Pengertian Minyak Lumas. ISSN 1979-2328 https://doi.org/10.1016/j.triboint.2004.01.002.

[7]. Maleev. Syarat minyak lumas. ISSN 2477-6041 http://repository.pipsemarang.ac.id/1766/2/51145313T_Open_Access%20%281%29.pdf.

[8]. Miracolo, M. A., Donahue, N. M., Allen, D. A. N., Pusat, L. R., & Partikel, S. (2009). Volatilitas Distribusidan Partikel Gas-Partisi Aerosol Pembakaran Menggunakan Pengenceran Isotermal dan Pengukur Thermodenuder.
ISSN 1412-1220 https://doi.org/4750-4756.

[9]. Qi, X. (2011). Tribology International Karakterisasi dan mekanisme restorasi otomatis bubuk serpentine skala nano sebagai aditif minyak pelumas di bawah suhu tinggi. 44, 805–810. ISSN 2355-5963 https://doi.org/44 (2011) 805–810.

[10]. Saman, R., Basir, A., & Rukmini, R. (2020). Studi Experimen Pengaruh Kandungan Minyak Lumas Terhadap Kerataan Main Bearing Main Engine Mv. Bni Castor. Jurnal Venus, 8(1), 104-126.

[11] Triyono. 1998.63-3. Perawatan dan Perbaikan Motor Diesel penggerak kapal. Yogyakarta. SSN 09240136 https://doi.org/10.1016/j.jmatprotec.2004.09.091.

[12]. Wang, X., & Zhu, K. (2004). Sebuah studi tentang efektivitas pelumas cairan mikropolar dalam bantalan jurnal yang dimuat secara dinamis ( T1516 ).
37, 481–490. ISSN 2502-3829 https://doi.org/481-490.
Published
2023-04-03
Section
Articles