Analisis Hubungan Massa Jenis Dan Suhu Terhadap Kalkukasi Muatan Di MT Perla

  • Ryan Pratama Rasyid Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Marthen Todingan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Mahadir Sirman Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Kalkulasi Muatan, Kapal, Massa, Jenis Suhu

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan massa jenis dan suhu terhadap kalkulasi muatan pada kapal MT Perla agar dapat dilakukan pencegahan pada saat terjadinya kenaikan dan penurunan suhu muatan Penelitian ini dilaksanakan di kapal MT Perla.waktu pelaksanaan penelitian dilakukan mulai dari penulis join pada tanggal 12 September 2019 dan berakhir pada tanggal 05 November 2020. Jeni penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data Primer dibagi atas teknik pengamatan, dan teknik wawancara, cara pengumpulan data dengan mengumpulkan pedoman wawancara berupa pertanyaan yang akan diajukan kepada pihak yang terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor dari dalam dan faktor dari luar mempengaruhi massa jenis dan suhu terhadap kalkulasi muatan. Oleh sebab itu perwira jaga harus memperhatikan perubahan suuhu dan massa jenis muatan baik setelah memuat dan pada saat tiba dipelabuhan bongkar untuk mencegah terjadinya kekurangan dan kelebihan muatan.

References

[1]. Adi, D Bambang Setiono & Indra Kusna Djaja. (2008). Buku Panduan Kejuruan Pelaut Kejuruan Nautika Bagi Perwira Kapal Niaga, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

[2]. Avianto Johan ( 2018) , Kapal Tanker.

[3]. Badan Diklat Perhubungan (2000), Tanker Safety.

[4]. Istopo (2010) . Kapal Dan Muatannya . Edisi Ke II. Jakarta.

[5]. Istopo. (2010). Penanganan Muatan . Edisi Ke II. Jakarta.

[6]. Ginting Rudi Abdullah (2017) . Perhitungan Muatan Kapal Tanker, Cara Menghitung Muatan dikapal Tanker.

[7]. Martopo, Arso (2001). Penanganan Muatan. Semarang : Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[8]. Saputra, A. M. P., Syamsiah, S., & Limbong, S. (2020). Analisis Clearance In And Out Kapal Pada Pt. Pertamina Marine Makassar. Jurnal Karya Ilmiah Taruna Andromeda, 4(2), 1-13.
Published
2023-04-03
Section
Articles