Analisis Penerapan bridge team menagement di MT.Tameda Maru

  • Aswan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Bustamin Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Hasiah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Bridge team menagement, Keselamatan, Pelayaran

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui penyebab kurangnya perhatian dan keinginan perwira jaga deck untuk mengetahui dan melaksanakan BTM di atas kapal dan untuk meningkatkan pemahaman kepada perwira jaga tentang pentingnya Bridge Team Management untuk mengurangi timbulnya resiko kecelakaan kapal. Penelitian ini dilakukan di MT.TAMEDA MARU. mulai bulan Februari 2020 Desember 2020 metode yang digunakan Metode Analisis Deskriptif, yaitu suatu analisis yang menjelaskan tentang pelaksanaan Bridge Team Management di atas MT.TAMEDA MARU.Hal penelitian menunjukkan bahwa penyebab kurangnya perhatian dan keinginan perwira jaga deck untuk mengetahui dan melaksanakan Bridge Team Management adalah kurangnya rasa tanggung jawab dan kedisiplinan yang dimiliki oleh perwira jaga deck saat melaksanakan tugas jaga di anjungan.

References

[1]. Badan Diklat Perhubungan, 2000, Personal Safety and Social Social Responsibility, (Keselamatan Kerja dan Tanggung Jawab Sosial), Cetakan Pertama, Jakarta 2000, International Safety Management Code, Modul – 4, Jakarta.

[2]. E.W.Manikome, 2000, Tugas Jaga (Watch Keeping), CV. Aries & Diklat Perhubungan. (2000).TFC,Modul-2 Chemical Tanker Co.Jakarta.

[3]. Kartini Kartono, 1986, Kepemimpinan, Rajawali Pers: Jakarta.

[4]. Kenry Pratt Fadrchild, 1960, Kepemimpinan dan Motifasi, Balai Pustaka: Jakarta.

[5]. Martopo Arso, 2004, Manajemen Armada Kapal Dalam Bisinis, Politeknik Ilmu Pelayaran: Semarang.

[6]. Siagian,S.P,1987.Kepemimpinan. Balai Pustaka: Jakarta
Published
2023-04-03
Section
Articles