Analisis Kesalahan Pedoman Magnet Pada Di Kapal SPOB OCEANBAY 23313

  • Agus Saputra Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • ZainaI Yahya Idris Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Rukmini Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Magnet, Pedoman, Pemeliharaan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang perawatan cairan pada pedoman magnet untuk menghindari timbulnya gelembung yang mempengaruhi fungsi dari pedoman magnet. Penelitian ini diIaksanakan di atas kapal SPOB OCEANBAY 23313, salah satu armada kapal semi tanker milik PT. Benua Raya Khatulistiwa. Penelitian dilaksanakan pada tanggaI 20 JuIi 2020 sampai dengan 02 Juli 2021. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer yang diperoIeh langsung dari tempat peneIitian dengan cara melakukan pengamatan, serta literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masih kurangnya pengecekan dan perawatan pedoman magnet khususnya di atas Kapal SPOB OCEANBAY 23313 sehingga menyebabkan timbulnya gelembung pada pedoman magnet yang menyebabkan gerakan pada pedoman magnet menjadi tidak stabil. Penulis yakin, dengan memberikan gambaran tentang metode perawatan pada pedoman magnet tersebut, para anak buah kapal di Indonesia akan memiliki pengetahuan tetang pengecekan dan perawatan pedoman magnet di atas kapal sehingga dapat meminimalisir timbulnya gelembung-gelembung yang dapat mempengaruhi fungsi pada pedoman magnet.

References

[1]. D. Bambang Setono Adi, dkk. (2008). Nautika Kapal Penangkap ikan. Jakarta: Direktorat Pembinaan SekoIah Menengah Kejurusan.

[2]. Palumian, M.L. (1992). Intisari Alat-alat Navigasi. Yayasan Pendidikan Pelayaran Jakarta.

[3]. Rekso, Trias (2004). Penggunaan Kompas Magnet, Nautika Perikanan laut. Jakarta.

[4]. Rukmini, R., Setyaningsih, A., Herlambang, Y., & Dahlan, E. (2020). Standar Penjamin Mutu Penyelenggara Pendidikan Tinggi Di Politeknik Ilmu Pelayaran (Pip) Makassar Dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (Stip) Jakarta. Venus, 8(1), 1-19.

[5]. Rukmono, Nono. (2009). Kompas Magnit. Cirebon.

[6]. Sitorus J, (1994) Intisari IImu Pelayaran, Sekolah Pelayaran Menengah Jakarta Raya.

[7]. Soebekti H Capt, (1996) Menimbal Pedoman I dan II, Corps Perwira PeIayaran Besar, BaIai Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan ilmu Pelayaran, Jakarta Utara.

[8]. Sungkowo, Rekso Maharani. (2004). Penggunaan Kompas Magnit.

[9]. Supriyono, Hadi. (2005). Kompas dan Sistim Kemudi. Makassar: PoIiteknik ilmu PeIayaran (PIP).

[10]. Usaini S.Pi, M.Pd, (2015). Modul Guru Pembelajar Paket Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan Kelompok Kompetensi I. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

[11]. Usman SaIim, M.Ni. (1979). IImu PeIayaran 1. Jakarta: Kesatuan PeIaut
Indonesia.
Published
2023-04-03
Section
Articles