Analisis Pelaksanaan Jasa Keagenan Dalam Menunjang Pelayanan Transhipment Kapal Pada PT. BUKIT PRIMABAHARI Cabang Palembang

  • Giovani Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Jumriani Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Annisa Rahmah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Batubara, Pemuatan, Transhipment

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Perusahaan Pelayaran PT.Bukit Prima Bahari cabang Palembang selama 9 (Sembilan) bulan sejak 10 Agustus 2020 sampai dengan 31 Mei 2021 dan ditempatkan pada divisi operation untuk membantu para staff operation. PT Bukit Prima Bahari berlokasi di Menara Rajawali Lantai 28, Jl. DR Ide Anak Agung Gde Agung Lot.8.6-8.7 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta selatan. pelaksanaan jasa keagenan dalam menunjang pelayanan Transhipment kapal Periode Januari – Juli 2021 di PT Bukit Prima Bahari yaitu hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa PT Bukit Prima Bahari periode Januari sampai dengan Juli tahun 2021 yang sebelumnya telah direncanakan yang disebabkan oleh faktor-factor, antara lain, Dokuemen/Sertifikat, Cuaca, Keterlambatan Armada (Waiting vessel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan jasa keagenan dalam menunjang pelayanan Transhipment kapal agar lebih memperhatikan dan
jadwal pengangkutan batubara.

References

[1] Abdul kadir Muhammad (2005). Hukum Pengangkutan Niaga. Cetakan Kelima. Bandung :PT. Citra Aditya Bakti.

[2] Ahmad, I. M. (2018). Manajemen Penanganan Muatan Clinker di Kapal MV. KT 05.

[3] AYU, A. (2020). analisis pelaksanaan perjanjian kerjasama pengangkutan batubara pada PT. Momentum Indonesia Investama (doctoral dissertation. politeknik ilmu pelayaran semarang).

[4] EKA, H. (2019). keagenan PT. Wasaka Sudarma Putera Banten Dalam bongkar batu bara di PLTU suralaya banten: karya tulis.

[5] Indonesia, p. (2002). peraturan pemerintah no 51 tahun 2002 tentang Perkapalan

[6] Keputusan Gronroos Ratminto, 2005. Pelayanan Secara Umum Dikutip 15 Oktober 2019 dari Pelayanan.

[7] Kitab Undang-undang (1834). Tentang Perusahaan Pelayaran Pasal 323– 340 Tahun 1934.

[8] Kotler (1994). Pengertian Pelayanan Dikutip 18 Oktober 2019. dari Pengertian layanan Apa itu Pelayanan.

[9] Nomor, K. M. P. R. I. KM 33 Tahun 2001. tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Angkutan Laut.

[10] Sejati, B. S. A., & Yahya, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).

[11] Sintana, R. A. (2020). pelaksanaan perizinan usaha pengoperasian pompong berdasarkan peraturan pemerintah republik indonesia nomor 20 tahun 2010. Tentang Angkutan di Perairan.
Published
2023-04-03
Section
Articles