Peranan Jasa Keagenan Kapal Dalam Pengurusan Sertifikat Kapal di PT. Orela bahari Mandiri Cabang Balikpapan
Abstract
Peranan Jasa Keagenan Kapal Dalam Pengurusan Sertifikat Kapal di PT.Orela Bahari Mandiri Cabang Balikpapan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pelaksanan penerbitan sertifikat kapal dan kendala apa saja yang terdapat pada penerbitan sertifikat kapal yang di lakukan oleh PT. Bahari Mandiri cabang Balikpapan. Penelitian ini dilakukan selama 9 bulan di perusahaan pelayaran PT. Orela Bahari Mandiri cabang Balikpapan. Adapun jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, yaitu data diperoleh berupa Informasi informasi pembahasan tentang pengurusan sertifikat kapal diperoleh secara lisan maupun tulisan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan penerbitan serifikat kapal yang di tangani oleh perusahaan pelayaran PT. Orela bahari mandiri cabang balikpapan masih terdapat kendala dan masalah dan masih bisa diatasi, sehingga dalam pelaksanaan bisa berjalan dengan lancar.
References
[2]. Jumriani, J., Rahmah, A., & Al Shadril, M. (2019). Peningkatan Peran Divisi Dokumen Kontrol Pt. Lintas Samudra Borneo Line Dalam Menangani Dokumen Kapal Di Kantor Syahbandar Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin. Venus, 7(14), 21-36.
[3]. Kosasih., E., Hananto S. (2009). Manajemen Perusahaan Pelayaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[4]. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 57 Tahun 2021, Tentang Pemeriksaan, pengujian dan sertifikasi keselamatan Kapal.
[5]. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2002, Tentang Perkapalan