ANALISIS KURANG OPTIMALNYA PENGABUTAN NOZZLE BURNER PADA AUXILIARY BOILER DI KAPAL MV. TONASA LINE XVI

  • M Akbar Adha Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Winarno Winarno Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Syahrisal Syahrisal Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Ketel Uap, Pengabutan Injektor

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kurang optimalnya pengabutan nozzle burner pada ketel uap bantu secara otomatis, serta memahami mekanisme kerja dari pesawat bantu ketel uap. Penelitian ini dilaksanakan diatas kapal MV. Tonasa Lines XVI milik perusahaan Tonasa Lines yang dilaksanakan dari tanggal 18 Januari 2017 sampai dengan 22 Januari 2018. Sumber data diperoleh melalui metode field research, yang dilakukan dengan pengamatan dan pengumpulan data. Serta dengan melakukan studi kepustakaan, literature-literatur yang berkaitan dengan masalah ini. Teknik analisa data yang dipergunakan dalam penyelesaian hipotesis adalah analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian dan pengamatan yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil bahwa ada dua penyebab utama Kurang optimalnya pengabutan injektor pada ketel uap bantu di kapal MV. Tonasa Lines XVI, yaitu pertama disebabkan oleh kesalahan jarak antara elektroda dan nozzle burner, dan yang kedua flame eye boiler yang tidak bekerja dengan baik.

References

[1]. Sumanto, M.A,( 2004), Bagian-bagian ketel uap, Andi Yogyakarta.
[2]. Chatab, (1972;8) Pengetahuan tentang ketel uap, PT. Ichtiar Baru, J Jakarta.
[3]. Veen,(1977), Nozzle Burner pada Ketel Uap, PT Kawan Pustaka, Jakarta.
[4]. Nurdin Harahap, Permesinan Bantu, Balai Pendidikan dan Peningkatan Ilmu Pelayaran, Jakarta.
[5]. Suparwo,(2002), Pemanas heater boiler, Balai Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran, Jakarta.
[6]. ISO 9001 Certifiet, Totak Look AT Oil Burner Nozzel, England
Published
2022-08-02
Section
Articles