ANALISA TEKANAN EJEKTOR TERHADAP KEVAKUMAN FRESH WATER GENERATOR

  • Khoirul Umam Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Paris J. M. Senda Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Henny Pasandang Nari Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Ejektor, Vakum, Fresh Water Wenerator

Abstract

Ejektor merupakan pesawat yang dipergunakan untuk memindahkan udara atau gasgas yang tidak dapat dikondensasikan dari tempat vakum,air yang tertekan dialirkan melalui sebuah nosel yang adadalam
ejektor dan mengakibatkan air yang keluar dari nosel mempunyai kecepatan besar sehingga udara serta gas-gas yang tidak dapat dikondensasikan akan ikut terhisap oleh ejektor tersebut, karena adanya penurunan suhu dalamruangan yang mencapai kurang dari 35 C. Penelitian ini dilaksanakan pada kapal MT. Bintang Samudra T milik PT. Soechi Lines Tbk. Selama 1 tahun 10 Hari, sejak 03 Januari 2018 sampai 13 Januari 2019. Data penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh langsung dari kapal melalui wawancara dan survey. Disamping itu digunakan juga data sekunder yang diperoleh dari literatur yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan ejektor pada fresh water generator sangat mempengaruhi terhadap tingkat kevakuman fresh water generator. Apabila tekanan pompa ejektor tinggi, maka kevakuman akan tinggi juga dan sebaliknya apabila tekanan rendah, maka kevakuman yang terjadi akan rendah juga dan menurunnya tekanan ejektor disebapkan oleh adanya kerak dan kotoran-kotoran yang menempel pada sisi nosel ejektor, sehingga mengakibatkan aliran air laut yang masuk ke ejektor berkurang. 

References

[1]. ”Instruction Manual for Freshwater Generator Type JWP-16-C40/50”, --------
[2]. Suparwo,(2007)”Permesinan Bantu di Kapal-Kapal Niaga”, Jakarta
[3]. Sujanto,(1982)“Pesawat kapal 1”, Jakarta
[4]. Rowa, S.(2000) ”Permesinan Bantu”, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.
[5]. PIP Makassar.(2012) Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar. Tim PIP Makassar
Published
2022-08-02
Section
Articles