ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA OVER FLOW PADA SAAT PEMUATAN DI MT. MULIA KARSA 1

  • Andi Ainul Yaqin Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Muh Syafril Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Novianty Palayukan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Penyebab, Over Flow, Diskomunikasi

Abstract

Pokok permasalahan yang di bahas dalam penelitiaan ini adalah “apa penyebab  terjadinya over flow pada saat pemuatan CPO di MT.Mulia Karsa 1” dan berdasarkan pokok permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami tentang penyebab utama terjadinya over flow pada saat pemuatan di MT.Mulia Karsa 1. Penelitian ini dilaksanakan di MT.Mulia Karsa 1 perusahaan milik PT.Samudera Mulia Karsa, selama 12 bulan 2 hari terhitung mulai tanggal 05 Oktober 2017 sampai tanggal 07 Oktober 2018. Sumber data yang diperoleh adalah data primer yang diperoleh langsung dari
tempat penelitian dengan cara melakukan pengamatan dan tanya jawab langsung dengan perwira dan anak buah kapal khususnya bagian dek, dan literatur-literatur yang berkaitan dengan judul skripsi.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode kepustakaan, metode angket (kuesioner), metode wawancara. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan teknik analisa secara deskriptif kualitatif atau penjelasan berdasarkan pengalaman dimana penulis mencoba untuk menjelaskan ermasalahan yang terjadi selama praktek laut yang berhubungan dengan kegiatan pemuatan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan penyebab-penyebab utama terjadinya over flow pada saat pelaksanaan bongkar muat adalah tidak berjalannya dengan baik sistem proses bongkar muat sebagai
mana mestinya dan seringnya terjadi diskomunikasi antara pihak darat dengan kru di atas kapal. 

References

[1]. Badan Diklat Perhubungan (2000a). Chemical Tanker Familiarization Modul-2
[2]. Badan Diklat Perhubungan (2000b). Tanker Safety (Keselamatan Di Tenker) Oil Tanker Training (OTT) Modul – I
[3]. Badan Diklat Perhubungan (2000c). Tanker Safety (keselamatan di tenker) Oil Tanker Training (OTT) Modul – I
[4]. Badan diklat perhubungan (2000d). Personal safety and sosial responsibility ( BST modul-4 )Dictionari.Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama
[5]. Gianto Heri dan Martopo Arso (1990). Pengoprasian Pelabuhan Laut
[6]. IMO(1997). Marpol 73/78, Regulation 26-Annex I, Ship board oil pollution emergancy plan (Sopep)
Published
2022-08-02
Section
Articles