ANALISIS PENCEGAHAN TERJADINYA KECELAKAN KERJA DI MV. KURNIA SEJATI

  • Alfian Rosly Pratama Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Suwarno Suwarno Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Subehana Rachman Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Kecelakaan Kerja, Pencegahan

Abstract

Peranan dalam penggunaan alat-alat keselamatan merupakan salah satu usaha  untuk mencegah atau mengurangi adanya kecelakaan pada saat kerja. Oleh karena itu di harapkan seluruh crew atau ABK yang bekerja di kapal agar selalu menggunakan alat-alat keselamatan pada saat kerja di deck maupun di kamar mesin guna untuk menghindari jadi korban kecelakaan. Penelitian ini dilaksanakan di MV.Kurnia sejati perusahaan PT.Nusantara Bahari Jaya Sentosa Selama 13 bulan 5 hari terhitung mulai dari tanggal 09 September 2017 sampai anggal 14 Oktober 2018. Sumber data yang diperoleh adalah data primer yang
diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan cara melakukan pengamatan langsung dengan perwira dan anak buah kapal khususnya bagian dek, dan literatur-literatur yang terkait. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mencegah terjadinya kecelakaan di kapal, Nahkoda dan perwiraperwira di atas kapal harus selalu mengawasi dan memberikan sosialisasi kepada anak buah kapal (abk) tentang pentingnya menggunakan alat keselamatan kerja ketika bekerja.   

References

[1]. Aditama Yoga Tjandra. 2000. Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Universitas Indonesia.
[2]. Adonis Radjab, 2010, kecelakaan kerja yang terjadi di atas kapal di akses tanggal 23 maret 2017)
[3]. Badan Diklat Perhubungan, 2000, Personal Safety and Social Responsibility BST, Modul-4. Jakarta: Departemen Perhubungan.
[4]. Badan Diklat Perhubungan. 2000. International Safety Management Code. Jakarta: Departemen Perhubungan,
[5]. Frank E. Bird, Jr. and George L, Germany, 1996 “Practical Loss
Control Leadership”, Loganville, Georgia
[6]. Heinrich, H.W.1980. Industrial Accident Prevention. New York :
McGraw-Hill Book Company.
[7]. Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2006. Human Resource Management:Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia.Jakarta: Salemba Empat.
[8]. Oesman Oetojo, SH.1983. Manajemen Keselamatan dan KesehatanKerja. Jakarta: Yayasan Keselamatan Kesehatan Kerja.
[9]. Poerwanto. 1987, Keselamatan Kerja. Semarang: Yayasan Neptunejl. Singasari.
[10]. Simanjuntak, Payaman J., 1994. Manajemen Keselamatan danKesehatan Kerja. Jakarta : HIPSMI [11]. Suma’mur, P.K. 1992. Higine Perusahaan dan KeselamatanKerja.Jakarta : CV Haji Mas Agung. [12]. Tribunnews, 2016, Berita kecelakaan kerja, (http://banjarmasin.tribunnews.com di akses tanggal 23 maret 2017)
Published
2022-08-02
Section
Articles