ANALISA TEKANAN EJECTOR TERHADAP KEVAKUMAN FRESH WATER GENERATOR DI MV. C.UTOPIA

  • Ahmad Alfian Syafei Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Muh Djafar Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Hasiah Hasiah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Tekanan, Ejector Pump, MV.C.Utopia

Abstract

Fresh water generator diatas kapal merupakan salah satu permesinan bantu yang dapat merubah air laut menjadi air tawar melalui proses penyulingan yang memiliki peranan sangat penting dalam kelancaran pengoperasian kapal, dimana dalam pengoperasian kapal tidak terlepas dari kebutuhan akan air tawar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab tidak maksimalnya kevakuman pada evaporator shell. Penelitian ini dilaksanakan di kapal MV. C.Utopia milik perusahaan Chamyung Shipping Co.Ltd selama 12 bulan yakni dari tanggal 22 juli 2018 sampai dengan 22 juli 2019. Sumber data adalah diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan metode observasi dan wawancara langsung dengan kepala kamar mesin (KKM), masinis dan awak kapal lainnya khususnya awak kapal bagian mesin dan juga metode kepustakaan berupa dokumen-dokumen, instruction manual book serta buku-buku yang berkaitan dengan judul skripsi. Hasil dari penelitian ini adalah terjadinya permasalahan pada ejector pump, nozzle ejektor serta kebocoran instalasi kevakuman pada fresh water generator yang sedang beroperasi yang mengakibatkan terjadinya kevakuman yang tidak maksimal pada evaporator shell sehingga dalam proses penurunan titik didih tidak mencapai hasil yang maksimal.   

References

[1]. Adji, R (2003). Pesawat Bantu. persatuan pelaut Indonesia, Jakarta
[2]. Bohai Shipbuilding. (2007) Instruction Manual For Freshwater Generator type the Apv Water Desalination Unit type H-CE Korea.
[3]. Muhammad Haerul. (2011). Evaporator, (http://materievaporator.blogspot.com/2011/10/evaporator.html), Diakses 08 januari 2017.
[4]. NSOS. (2002) Manajemen Perawatan dan Perbaikan, Jakarta.
[5]. PIP MAKASSAR. (2012). Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Tim PIP Makassar.
[6]. PIP Makassar. (2012) Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Tim PIP Makassar
[7]. Pramono, AN, (2004)Termodynamica Untuk Ahli Mesin Kapal, Semarang.
[8].Rowa, Sarifuddin,(2002) Permesinan Bantu. Politeknik ilmu pelayaran Makassar, Makassar,
Published
2022-08-02
Section
Articles