ANALISIS JUMLAH PEMAKAIAN AIR TAWAR PENDINGIN MOTOR INDUK DI MV.GENTA MARU

  • Asep Suparjo Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Jopie Pesulima Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Hasiah Hasiah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Temperatur, Air Tawar, Fresh water cooler

Abstract

Pendingin adalah suatu media yang berfungsi untuk menyerap panas.Panas tersebut didapat dari hasil pembakaran bahan bakar didalam cylinder.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah pemakaian air tawar pendingin motor induk. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penyebab terjadinya perbedaan jumlah pemakaian air tawar pada pendingin motor induk. Penelitian ini dilaksanakan diatas kapal MV. GENTA MARU, perusahaanTOEI REEFER LINE, LTD. Yang di ambil adalah data primer dan sekunder yang langsung dari tempat penelitian dengan cara observasi langsung dengan officer dan awak kapal lainnya khususnya awak kapal bagian mesin, dokumen-dokumen serta literatur-literatur yang berkaitan dengan judul skripsi. Hasil yang diperoleh  dari penelitian ini adalah terjadinya perbedaan jumlah pemakaian air tawar yang di gunakan pendingin (cooler) untuk mendinginkan motor induk pada saat kapal dalam keadaan kosong dengan jumah 200 Liter/hari dan pada saat kapal dalam keadaan penuh dengan jumlah 220 Liter/hari.

 

References

[1]. Sumanto, (2000:2), Pesawat Bantu, Jakarta : Persatuan Pelaut Indonesia.
[2]. Van Maanen, 2002, Motor Diesel Kapal, hal 8.1, NoutechLanchukousky,
[3]. PIP-MKS, (2012), Pedoman Penulisan Skripsi, Makassar: Tim PIP Makassar.
[4]. P. Van Maanen, “Motor Diesel Kapal Jilid I“, Cetakan Kedelapan,Penerbit PT. Pradnya Paramita, Jakarta.
[5]. V.L. Maleev, “Operasi dan Pemeliharaan Mesin Diesel”.
[6].Tim Penyusun BP3IP, (2005), Permesinan Bantu TingkatOperasional bidang studi tehnika, Edisi I, Jakartahttp://www.bppp-tegal.com/web/index.php/artikel/163-sistempendinginanmotor-diesel
[7]. www.scribd.com
Published
2022-08-02
Section
Articles