ANALISIS KEGAGALAN PEMBAKARAN PADA KETEL UAP BANTU DI KM. SINAR PALARAN

  • Almukmin Almukmin Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Jopie Pesulima Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Hasiah Hasiah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Kegagalan pembakaran, Ketel uap, Temperatur

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan ketika penulis melaksanakan prala di atas kapal KM. Sinar Palaran milik perusahaan Transportasi Marina Jaya selama 1 tahun 5 hari yakni dari tanggal 28 November 2017 sampai dengan 03 Desember 2018. Adapunteknikanalisis data yang penulis gunakan adalah kualitatif dan deskriptif serta data yang diperoleh adalah data yang diperoleh langsung dari atas kapal. Hasil analisa penelitian ini menunjukkan bahwa kegagalan pembakaran pada ketel uap bantu diatas kapal meliputi factor temperature bahan bakar, jarak elektroda pada pilot burner serta kotor pada bagian flame eye.   

References

[1]. Chatab. (1972) Pengetahuan Tentang Pesawat – Pesawat Kalori,Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
[2]. Daryanto. (1987). Teknik Pesawat Tenaga, Jakarta: PT. BinaAksara.
[3]. Djokosetyardjo. (2003). Ketel Uap. Cetakan kelima. Jakarta: PT.Pradnya Paramita.
[4]. Hadiseputro (1982). Ketel Uap 1, Ujung Pandang: BPLP UjungPandang
[5]. ISO 9001 Certified. (2000). Totak Look AT Oil Burner Nozzel, U.S.A:Delavan, Inc.
[6]. Saackebrenner M.V.O.S Co,Ltd. (1982). Boiler Operating InstructionFor Marine Use, Jerman: Bronswerk Utrecht, Bremen
[7]. Veen T. Van Der. (1977). Teknik Ketel Uap, Diterjemahkan olehTakdir S. Mr, Jakarta: PT. Triasko Madra.
Published
2022-08-02
Section
Articles