ANALISIS OVER FLOW FUEL OIL PURIFIER DI KAPAL MT. SC WARRIOR L

  • Asdar Asdar Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Iswansyah Iswansyah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Syahrisal Syahrisal Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Over Flow, Fuel Oil Purifier, Bahan bakar

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian adalah agar dapat mengetahui penyebab Over flow pada pengoperasian fuel oil purifier di kapal MT.SC WARRIOR L. Fuel Oil purifier di kapal merupakan salah satu mesin bantu yang memiliki peranan sangat penting untuk menghasilkan bahan bakar yang bersih. Kegunaan dari bahan bakar yang sudah bersih ini adalah untuk mendukung pengoperasian dari mesin induk dalam menghasilkan pembakaran yang sempurna. Penelitian ini dilaksanakan di MT.SC.WARRIOR.L. milik perusahaan PT. VEKTOR MARITIM (soechi lines.) selama dua belas bulan. Sumber data yang diperoleh adalah data primer yang diperoleh langsung dari tempat penelitian serta data sekunder yang diperoleh dari literatur-literatur yang berkaitan dengan judul skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi kerusakan pada main seal ring dan penggunaan gravity disc yang tidak sesuai sehingga mengakibatkan over flow pada fuel oil purifier.  

References

[1]. Instruction Manual Book, (1995), “Alfa Laval Separation AB Marine and Power Oil Treatment Division”, S – 147 80 Tumba Sweden.
[2]. Mardjoko, (2005), Permesinan Kapal, Balai Pendidikan Dan LatihanPelayaran.
[3]. Rowa Sarifiddin, (2002), Permesianan Bantu, Makassar, Politeknik IlmuPelayaran Makassar.
[4]. Woodyard Doug, (1998). Pounder’s, Marine Diesel Enginers.
[5]. Laslie Jackson dan Thomas D. Morton (1997), Need’s General For MarineEngineers.
[6]. Yudishtira, A. (2009). Indonesian Marine Engineer: Oil Purifier, (Online), Vol2, No 3, (http://indonesian-marine-engineer.Blogspot.com/).
[7]. BP3IP, (2008), Permesinan Bantu, Jakarta, BP3IP.
[8]. Jusak, J. H, (2002), Perawatan Dan Perbaikan, (www.geogle.com) uncategovized.com / www. marine engineering knowladge (www.geogle,com).
[9].Ramalingam, (2009), DieselShip-Alfa-Laval Separator, (http://dieselship.com/ ).
Published
2022-08-02
Section
Articles