ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA KEBOCORAN PADA BURITAN MV. KHARIS VENUS

  • Haryono Saini Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Bruce Rumangkang Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Ahmad Fauzi Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Pengaruh, Tubrukan, Alur Pelayaran

Abstract

Berlayar di alur perairan sempit berbeda dengan berlayar di perairan terbuka.Dimana terdapata banyak rintangan seperti banyak terdapat gugusan karang, alur pelayaran tidak lebar dan dangkal yang membutuhkan tingkat kehati-hatian yang tinggi dalam bernavigasi, dan juga jika salah memilih jalur maka akan menyebabkan kandas dan juga tubrukan yang tinggi. Penelitian ini dilaksanakan di atas kapal MV. Kharis Venus milik Perusahaan PT. KSM INDONESIA selama 1 tahun 02 hari. Dimulai tanggal 19 january 2018 sampai dengan tnggal 21 january 2019. Adapun metode yang digunakan yaitu metode wawancara dan
observasi atau pengamatan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ialah pada saat kapal berlayar keluar dari pelabuhan (unberthing) dialur pelayaran sempit seperti Kanmon maka Nahkoda perlu memperhatikan kekuatan arus dan arah arus sehingga dapat berolah gerak dengan mudah. Serta meminta bantuan Tug Boat yang telah disediakan oleh pihak pelabuhan setempat. 

References

De Rozari,W . (1982:1). Olah gerak. Makassar: Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Kinzo, I (2011). Pengemudian Kapal. Jakarta : Seisando Publishing
Oetomo, H., & Alim, N.(2006). Penerangan Sosok Benda dan Isyarat Bunyi. Makassar: Polikteknik Ilmu Pelayaran Makassar
Poerbandono dan Djunarsih. (2005). Membuat Profil Pengukuran Kedalaman laut.
Setyono. (1996). Pengukuran Kedalaman Lautan, Tubuh Perairan.
Tim FIP-IKIP Semarang. (2009). Olah Gerak kapal. Semarang : FIP-IKIPSemarang.
Tim FIP-IKIP Semarang. (2009:8). Olah Gerak kapal. Semarang : FIP-IKIPSemarang.
Alur Pelayaran Sampit (2018). Alur Pelayaran Sampit (http://www.Pelindo.co.id). Diakses pada tanggal 05 Mei 2018
Wahyuddin Mohammad. (2011). Konstruksi Buritan Kapal-kapal Cargo(kapal-cargo.blogspot.com). Diakses pada tanggal 11 November2019
Wulan Anisa Nur. (2015). Docking dan Perawatan Kapal (https://www.academia.edu). Diakses pada tanggal 11 November2018
Vengeance, I. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Olah Gerak (http://ireland-evergreen.blogspot.co.id/2010/07/faktor-yangmempengaruhi-olah-gerak.html.Diakses pada tanggal 05 Mei 2018)
Published
2022-08-02
Section
Articles