ANALISIS OPTIMALISASI CONTAINER YARD PADA TERMINAL PETIKEMAS DI PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA

  • Rahul Rahul Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Marthen Makahaube Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Abdoellah Djabier Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Container Yard, Terminal Petikemas, Peralatan Bongkar Muat.

Abstract

Container Yard (CY) adalah suatu kawasan di daerah pelabuhan yang luas dan terletak di dekat dermaga yang digunakan untuk menyimpan atau menumpuk container yang akan dimuat atau setelah dibongkar dari kapal. Pada CY ini terdapat system cara pengaturan petikemas atau yang biasa diistilahkan Access Liability terhadap lapangan penumpukan. Pada lapangan penumpukan ini terdapat begitu banyak tipe dan jenis petikemas serta memiliki kapasitas daya tampung yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi jurusan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan untuk lebih mengetahui kegiatan menyimpan atau menumpuk container yang akan dimuat atau setelah dibongkar dari kapal dan penggunaan terminal petikemas secar  optimal. Adapun tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat optimalisasi penggunaan Container yard (CY) Unit terminal Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Penelitian dilakukan pada saat penulis melaksanakan praktek darat di PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III Surabaya, yakni pada bulan Februari 2019 Hingga Juni 2019. Dari hasil analisa dan pembahasan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Container Yard (CY) atau pada Unit Terminal Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya belum optimal sebab masih tersedianya lapangan petikemas yang kosong (free space) dan sering terjadinya kerusakan pada peralatan bongkar muat sehingga penggunaannya masih kurang optimal dari kapasitas yang tersedia. 

References

[1]. Gianto, H & Martopo, A. (1990). Pengoperasian Pelabuhan Laut. Semarang. Balai Pendidikan dan Pelatihan Pelayaran.
[2]. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua. Penerbit Balai Pustaka, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. http://id.wikipedia.org/w/index.phptitle=pembicaraan:Optimalisasi& action=edit&rendink1.
[3]. Subandi. (1992). Manajemen Petikemas. Jakarta: Badan Penerbitan Arcan.
[4]. Suyono, R. P. (2005). Shipping : Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor Melalui Laut, Edisi Ketiga. Jakarta: Badan penerbitan PPM.
[5].Bjtiport. (2018). Kekuatan alat Berlian Jasa Terminal Indonesia (Online). http://www.bjtiport.co.id/.kekuatan-alat-berlian-jasa- terminal-indonesia/.
Published
2022-08-01
Section
Articles