ANALISA KINERJA KOMPRESOR PENDINGIN BAHAN MAKANAN DI KAPAL MT.ROYAL AQUA

  • Andreanto Salempang Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Suyuti Suyuti Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Hasiah Hasiah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Kinerja, Kondensor, Bahan Makanan

Abstract

AHMAD NUR RAMADHAN.2019, ”ANALISA KINERJA KOMPRESOR PENDINGIN BAHAN MAKANAN DI KAPAL MT ROYAL AQUA”, (Di bimbing oleh Mahbub Arfah, danMahadir). Mesin pendingin bahan makanan adalah salah satu permesinan bantu yang mampu menjaga suhu bahan makanan di kapal agar tetap segar pada saat dikonsumsi. Ada beberapa bagian penting pada pesawat tersebut, seperti kondensor yang berfungsi mengkondensasikan freon. Kondensasi yang normal akan menghasilkan suhu yang normal pula pada pesawat bantu ini.Penelitian ini dilaksanakan ketika penulis melakukan praktek laut (prala) diatas kapal MT. AGIASMA milik perusahaan Pt. WARUNA selama 12 bulan 2 hari yakni dari tanggal 04 November 2016 sampai dengan 06 November 2017, sumber data yang didapatkan dari tempat penelitian dengan metode penelitian lapangan, kepustakaan serta buku buku yang berkaitan dengan judul skripsi. Adapun metode analisis yang di gunakan adalah metode analisis deskriptif.Hasil yang diperoleh dari penlitian ini adalah tidak normalnya kondensasi Freon pada kondensor mesin pendingin tersebut sehingga suhu yang dihasilkan tidak normal.Suhu normal untuk penyimpanan daging dan ikan adalah -15°C, dan pada sayuran adalah 8°C. 

References

[1]. BP3IP. (2005). Permesinan Bantu. Jakarta: BP3IP Jakarta.
[2]. Daryanto.(2010). Keselamatan Kerja Peralatan Bengkel dan Perawatan Mesin. Bandung: Alfabeta
[3]. Elonka.(1973). Standard Refrigeration.United State Of Amerika.Library of kongres cataloging in punlication data.
[4]. Haryono, A. (2017). Tidak Normalnya Temperatur Mesin Pendingin Bahan Makanan Diatas Kapal AHTS SK CARINA. Makassar: PIP MAKASSAR
[5]. Jusak J.H. (2007). Perawatan dan Perbaikan Mesin Kapal. Jakarta: Balai Besar Pendidikan Penyegarandan Peningkatan Ilmu Pelayaran.
[6]. McGeorge. (1995). Marine Auxiliary Machinery United State Of America. British library catoliging in publication data.
[7]. PIP MAKASSAR.(2012). Pedoman Penulisan Skripsi, Makassar.Tim PIP Makassar.
[8]. Prasetyo.A. (2018).Analisa Kurang Optimalnya Temperatur Mesin Pendingin Bahan Makanan DI KAPAL AHTS TRANSKO CELEBES. Makassar: PIP Makassar
[9]. Raats.(1981). Pesawat-pesawat Uap.Rotterdam. Penerbit teknik ERMAR.
Published
2022-08-01
Section
Articles