PENGARUH INAPORTNET TERHADAP EFEKTIFITAS CLEARANCE IN/OUT KAPAL PADA PT OREMUS BAHARI MANDIRI SURABAYA

  • Alwin Alwin Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Rosliawati Rosliawati Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Sunarlia Limbong Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Inaportnet, Clearance In/Out Kapal

Abstract

ALWIN, Pengaruh Inaportnet Terhadap Efektifitas Clearance in/out Kapal Pada PT Oremus Bahari Mandiri Surabaya, ( Dibimbing oleh Rosliawati, SE., MM dan Sunarlia Limbong, SS., M.Pd ) skripsi program Diploma-IV Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Februari, 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Inaportnet terhadap efektifitas clearance in/out kapal pada PT Oremus Bahari Mandiri. Surabaya. Penelitian ini menerapkan metode regresi linier sederhana, uji validitas, uji reliabilitas, koefisien determinasi, dan uji T. Analisis ini untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen apakah masing-masing variabel independen berhubungan positif atau negatif dan untuk memprediksi nilai dari variabel dependen apabila nilai variabel independen mengalami kenaikan atau penurunan. Di mana data yang digunakan yaitu mengambil 30 sampel kapal secara acak dan kemudian dibuatkan data statistic yang diolah spss 25 for windows 10, 2018. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan menggunakan Uji Regresi Sederhana didapatkan nilai signifikani 0,001 dan t hitung 10,714 > 1,699 yang berarti penerapan Inaportnet memberikan pengaruh positif dan signifikan dengan nilai R 0,804 atau 80,4% terhadap efektivitas Clearance in/out pada PT Oremus Bahari Mandiri Surabaya . 2

References

[1]. Arikunto. 2012. Metodologi Penelitian. Edisi Pertama. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.
[2]. Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
[3]. Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
[4]. Hermansyah. 2016. Keagenan Kapal. Edisi Pertama. Penerbit Gramedia. Jakarta Selatan.
[5]. Indrajit, Eko. 2012. Teknologi Informasi. Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat. Yogyakarta.
[6]. Juliansyah, Noor. 2014. Metodologi penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Penerbit Kencana. Jakarta.
[7]. Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian. Edisi Kedua. Penerbit CV Alfabet. Bandung.
[8]. Sugiyono. 2014. Statistika Penelitian. Edisi Kedua. Penerbit CV Alfabet. Bandung.
[9]. Sugiyono. 2017. Statistika Penelitian. Edisi Kedua. Penerbit CV Alfabet. Bandung.
[10]. Sutabri, Tata. 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Edisi Pertama. Penerbit Andi. Yogyakarta.
[11]. HK.103/3/II/DJPL.15. Tentang Pelayanan Kapal dan Barang Menggunakan Inaportnet di Pelabuhan.
[12]. http://dephub.go.id/post/read/inaportnet,-sistem-informasi-standar-pelayanan-kapal-dan-barang (di akses 12 September)
Published
2022-08-01
Section
Articles