PENERAPAN KESELAMATAN KERJA PADA PENGOPERASIAN TUTUP PALKA TYPE HIDROLIK DI KAPAL MV. CHLOE

  • Felim Salu Bongga Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Aries Allo Layuk Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Muhlis Muhayyang Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Keselamatan Kerja, Pengoperasian, Hidrolik

Abstract

Felim Salu Bongga, 2019.Penerapan Keselamatan Kerja Pada Pengoperasian Penutup Palka Tipe hydrolik di kapal MV. CHLOE (Dibimbing oleh Capt Aries Allo Layuk . dan Mukhlis Muhayyang).Peranan pengoperasian penutup palka tipe hidrolik merupakan salah satu sarana untuk mengurangi kecelakaan pada saat pengoperasian. Oleh Karena itu diharapkan untuk kepada seluruh kru atau pekerja di atas kapal agar selalu memperhatikan sistim pengoperasian penutup palka type hidrolik dan selalu menggunakan peralatan keselamatan kerja pada saat bekerja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Penelitian ini dilaksanakan di MV. CHLOE perusahaan milik SINGAPORE MARITIME ERVICE . Selama 1 tahun yaitu terhitung mulai dari 02 Juli 2017 sampai 04 Juli 2018. Sumber data yang diperoleh adalah data primer yang langsung dari tempat penelitian dengan cara melakukan pengamatan dan tanya jawab langsung dengan cara melakukan pengamatan tanya jawab langsung dengan perwira, anak buah kapal khususnya bagian dek, dan literatur-literatur yang b rkaitan dengan judul skripsi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya kedisiplinan terhadap pengoperasian penutup palka tipe ponton sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan kerja di atas kapal.

References

[1]. Badan Diklat Perhubungan ,BST,Modul-4 Tahun 2000,Personal Safety andSocial Responsibility, Departemen Perhubungan, Jakarta.
[2]. Badan Diklat Perhubungan Tahun 2000, Keselamatan Kerja dan TanggungJawab Sosial,Jakarta.
[3]. Badan Diklat Perhubungan, Tahun 2000,Internasional Safety ManagementSystem (ISM Code), Jakarta.
[4]. Badan Diklat Perhubungan,(2000). Modul International SafetyManagement Code (Kode Manajemen Keselamatan International), Cetakan Pertama Jakarta.
[5]. IMO, Modul International Safety Management Code, International Maritime Organization.
[6]. Manullang, (1996). Manajeman keselamatan, Pustaka pelajar, Jakarta
[7]. Poerwanto, Tahun 1981, Keselamatan Kerja, Yayasan Neptune jl. Singasari 2 A Semarang.
[8]. Program UP DATING ATT-II dan ANT-II , Tahun 1999, Hukum Maritim, Pusdiklat Perhubungan Laut, Jakarta.
[9]. Tim PIP Makassar, (2012), Pedoman Penulisan Skripsi, Politeknik IlmuPelayaran Makassar.
[10]. W.J.S.2016. Pengertian pemahaman dan kedisiplinan.www.tips Pendidikan.site/2018/10/ pengertian pemahaman dan kedisiplinan.html.2018/03/15.
Published
2022-08-01
Section
Articles