ANALISIS PENYEBAB TERLEPASNYA LASHINGAN KONTAINER DI ATAS KAPAL DI MV.MARINA STAR 1

  • Fauzhil Adhim Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Aries Allo Layuk Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Muhlis Muhayyang Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Lashingan, Kontainer, MV. Marina Star 1

Abstract

Fauzil Adhim, 2019. Analisis Terlepasnya Lashingan Kontainer Pada MV.MARINA STAR.1 (Dibimbing oleh Aries Allo Layuk dan Mukhlis Muhayyang). Peranan pelaksanaan pemasangan lashingan kontainer merupakan salah satu sarana untuk mengurangi kecelakaan pada saat
berlayar. Oleh Karena itu diharapkan untuk kepada seluruh kru atau pekerja di atas kapal agar selalu memperhatikan sistim pemasangan lashingan kontainer dan selalu menggunakan peralatan keselamatan kerja pada saat bekerja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Penelitian ini dilaksanakan di MV.MARINA STAR 1 perusahaan milik PT.MERATUS LINE . Selama 1 tahun yaitu terhitung mulai dari 27 Maret 2017 sampai 29 Maret 2018. Sumber data yang diperoleh adalah data primer yang langsung dari tempat penelitian dengan cara melakukan pengamatan dan tanya jawab langsung dengan cara melakukan pengamatan tanya jawab langsung dengan perwira, anak buah kapal khususnya bagian dek, dan literatur-literatur yang berkaitan dengan judul skripsi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya kedisiplinan terhadap pemasangan lashingan kontainer sehingga dapat terlepas lashingan kontainer di atas kapal.

References

[1].Edward, Egbert dan Samuel Palembangan (2008), PenanganandanPengaturanMuatan. PIP Makassar.
[2]. Istopo (2003)KapaldanMuatannya.Jakarta :YayasanBina Citra Samudera.
[3]. Jhon R. Immer (1984), Cargo handling, MarineEducation Textbooks.
[4]. Jhon R Knot (1994), Lashing And Securing Of Deck Cargoes, London.
[5]. Subandi (1996), ManagemenPetiKemas.
[6]. Suzdayan, (2012), container Ships And Cargo Securing Training.
[7]. TIM BPLP Semarang ,emuatUntukPerwiraKapalNiaga, TanpaPenerbit, Tanpatahun.
[8].https://www.google.is/search?qkegunaan+lashing+bar+pada+kontainer .com. Diakses pada tanggal 8 juli 2018.
[9]. https://www.scribd.com/doc/94171023/Container Ship And argo.Diaksespadatanggal 7 juli 2018. https://www.google.is/search?q=ARPALLashing Securing.Diaksespadatanggal 14 juli 2018. https:/www.google.is/search?/q=kapal petikemas – wikipediabahasaindonesia.ensiklopedia bebas.htm.
Published
2022-08-01
Section
Articles