ANALISIS OLAH GERAK DIALUR PELAYARAN SEMPIT PADA KM. ST. KAMBRIA 2

  • Asdar Min Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Oktavera Sulistiana Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Haerani Asri Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Keywords: Olah Gerak, UKC, dan Kecepatan Aman

Abstract

ASDAR MIN, “Analisis Olah Gerak di Alur Pelayaran Sempit Pada Kapal KM. ST. Kambria 2” (dibimbing oleh Oktavera dan Haerani Asri). Olah gerak yang dilakukan di alur pelayaran Muara Pegah menyebabkan terjadinya gesekan antara lunas kapal dan dasar perairan sehingga mengakibat kecepatan kapal turun drastis dan membuat mesin induk menjadi panas dikarenakan katup pendingin dari mesin induk yang terhambat oleh lumpur sehingga kapal harus dilabuhkan untuk sementara waktu. Tujuan penelitian untuk mengetahui kecepatan aman yang harus dipertahankan di alur pelayaran Muara Pegah demi mendapatkan UKC aman sehingga kejadian seperti di atas tidak terulang. Penelitian ini dilaksanakan di atas kapal KM. ST. Kambria 2 milik perusahaan PT. LAGALIGO LINES. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis studi kasus dengan metode deskriptif kuantitatif yaitu data yang diperoleh berupa perhitungan dengan maksud mendefinisikan variabel yang di teliti secara operasional yang memungkinkan variable dapat diukur. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan UKC yang aman, maka harus selalu memperhatikan kecepatan aman, dimana kecepatan aman yang diperoleh untuk dapat melayari alur pelayaran sempit Muara Pegah dengan aman yaitu tidak lebih dari 6 knot.

References

[1]. De Rozari, Willem. (2006 ). Olah gerak. Jakarta : Flat A.6 Complex Plap.
[2]. Istopo. (2001). Olah Gerak dan Pengendalian Kapal. Jakarta : Koperasi Pegawai BP3IP Sejahtera.
[3]. International Chamber of Shipping. Bridge Procedures Guide, Edisi ke5.
[4]. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.(2012). Pedoman penulisan Skripsi. Makassar : Polieteknik Ilmu Pelayaran Makassar.
[5]. Tim FIP-IKIP Semarang. Olah Gerak kapal. Semarang : FIP-IKIP Semarang.
[6].AdriAnilham.(2010).OlahGerak (Online), http://adrianilham.blogspot.com/2010/07/olah-gerak.html?m=1. Diakses pada tanggal 14 Desember 2018.
[7]. Edy. (2009). Minimum Under Keel Clearance (Online), http://www.noltime.com/tag/ukc. Di akses pada tanggal 11 Desember 2018.
[8]. Kapitanmadina. (2011). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Olah Gerak Suatu Kapal (Online), https://kapitanmadina.wordpress.com. Diakses pada tanggal 13 Desember 2018.
[9]. Muammar.(2009).Squat(Online),http://muammar g.blogspot.co.id/2009/06/squat.html. Diakses pada tanggal 09 Desember 2018.
Published
2022-08-01
Section
Articles